7 Perkara Yang Membuat dan Penyebab Malaikat Jibril Berharap Menjadi Manusia

7 Perkara Yang Membuat dan Penyebab Malaikat Jibril Berharap Menjadi Manusia

Almunawwar.or.id – Dalam sebuah risalah sebuah hadits di sebutkan bahwa terdapat beberapa hal yang membuat malaikat jibril selalu berharap untuk menjadi seorang manusia yang dikarenakan oleh beberapa hal, salah satu di antaranya dengan adanya tujuh amalan terbaik bagi seorang manusia.

Meskipun sebagaimana kita ketahui bersama bahwa para malaikat itu “manzuhuun ‘an shifaatil basyari”, bersih dari sifat-sifat manusia, “fa laisa lahum syahwatun”, mereka tidak mempunyai syahwat. Dalam artian sifat seorang malaikat itu jauh lebih bersih daripada seorang manusia.

Akan tetapi terdapat sebuah alasan tertentu mengapa malaikat jibril ingin sekali ataupun berharap menjadi seorang manusia? tentu jika melihat sifat sejati seorang malaikat, terdapat keistimewaan tertentu dari segi amalan seorang manusia sehingga menjadi “Tamanni” bagi malaikat jibril.

Dalam pendapatnya Syeikh Nawawi Al-Bantany pada kitab Bitsamaaril Yaani’ah Fii Ar-Riyadlil Badi’ah, halaman 10 melihat ibarot dari kitab Bitsamaaril Yaani’ah ini bahwa malaikat itu tidak mempunyai keinginan/syahwat. Lalu bagaimana tentang penjelasan mengenai hadits tersebut?

Maka jawabannya adalah sebagaimana yang diterangkan dalam kitab ‘wasiyatul musthofa’ terdapat hal demikian: “malaikat jibril berharap menjadi keturunan anak adam karena 7 perkara:

1. Sholat 5 waktu berjama’ah
2. Duduk bersanding dengan para ulama
3. Menjenguk orang sakit
4. Mengiring jenazah
5. Memberi minum kepada orang lain
6. Mendamaikan 2 orang
7. Memuliakan tetangga dan anak yatim

يا على تمنى جبريل ان يكون من بنى ادم لسبع خصال الصلوات الخمس مع الامام و مجالسة العلماء و عيادة المريض و تشييع الجنا زة و سقى الماء و الصلح بين الاثنين و اكرام الجار و اليتيم وصية المصطى ص ٤

Amalan-amalan tersebut amat besar pahalanya, dan amalan tersebut tidak ada pada para malaikat. Lafadz “tamanni” pada kalimat:

ﺗﻤﻨﻰ ﺟﺒﺮﻳﻞ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﺑﻨﻰ ﺍﺩﻡ

Lalu apakah tamanni termasuk syahwat? Tamanni dalam lingkup malaikat bukan syahwat, seperti yang diketahui bahwasanya para malaikat tidak punya sahwat.. Tetapi ini sekedar pendorong supaya anak turun nabi Adam lebih mensyukuri keberadaannya, bahwasanya kedudukan anak Adam itu bisa jauh melebihi malaikat, jikalau mereka benar-benar mengamalkan apa yang disyariatkan.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id