Apakah Bisa Menghapus Semua Dosa Ikrar “Maaf Lahir Batin” Di Hari Raya?

Apakah Bisa Menghapus Semua Dosa Ikrar "Maaf Lahir Batin" Di Hari Raya

Almunawwar.or.id – Sudah menjadi bagian tersendiri ketika hari raya idul fitri sudah dimana berbagai cara untuk bisa saling memaafkan adalah hal yang selalu dan selalu di lakukan oleh banyak orang, terlebih bagi mereka yang lebih mengindahkan makna dari pada idul fitri itu sendiri.

Akan halnya semua itu mungkin banyak mengira akan dari ucapan “maaf lahir bathin” itu bisa menghapus semua dosa yang telah di lakukan, akan tetapi secara cermat dan tepat jika melirik pada syarat-syarat tertentu dari kriteria taubat itu tidak semua dosa akan terhapus.

Akan tetapi perlu perincian khusus dari orang yang bermaksud ingin bertaubat dan ingin kembali kepada kefitrahan yang sesungguhnya, Salah satu di antaranya adalah dengan melaksanakan puasa ramadhan, membayar zakat fitrah dan tidak ketinggalan juga dengan amalan sunnah lainnya seperti takbiran dan shalat idul fitri.

Namun meskipun demikian tidak ada salahnya bagi kita untuk saling memaafkan bahkan memberi maaf dan juga minta maaf di hari-hari penting dan istimewa seperti di hari raya idul fitri itu, karena iut bagian dari pada car seorang hamba dalam menuju pintu taubat.

Dan begitu juga dengan mengamalkan amalan sunnah setelah idul fitri seperti niat puasa ganti sebagai cara untuk lebih menyempurnakan semua amalan puasa yang pernah tertinggal sebelumnya, sekaligus menjadi pelebur akan tanggungan yang belum terbayarkan.

Inilah makna penting yang sesunguhnya ketika ucapan mohon maaf tersebut di barengi pula dengan niat yang tulus dan secara terperinci menyebutkan perbuatan dosa yang pernah di alami begitu juga dengan rasa menyesal akan semua itu serta tidak ada niat kembali dalam melaksanakan dosa yang sama di masa lalu.

Sementara masalah ikrar maaf lahir batin tersebut tidak bisa menggugurkan dosa sesama manusia, Sebab tidak secara terperinci sebagaimana syarat taubat dari kesalahan adami yang banyak di jelaskan di beberapa kitab kajian agama, Salah satu di antaranya yang ada pada

عبارة سراج الطالبين 1 / 162
والاستجلال
المذكور هو مع التفصيل وذالك بان تعرفه قدر جنايتك وتعرضك له لأن الاستحلال المبهم لايكفى كما قاله فى الإحياء

وعبارة احياء علوم الدين 4 / 33:
وعليه ان يعرفه قدر جنايته وتعرضه له فالاستحلال

المبهم لايكفى وربما لو عرف ذالك وكثرة تعديه عليه لم تطلب نفسه بالاحلال
وعبارة كاشفة السجا 15:
ولها ثلاثة اركان الاول الاقلاع عن الذنب الى ان قال وهذا انلم تتعلق المعصية بالادمى فان تعلقت به فلها شرط رابع وهو رد الظلامة الى صاحبها او تجصيل البراءة تفصيلا لااجمالا .

Artinya : “Bisa diampuni jika apa kesalahan yg pernah dilakukan disebutkan (yang berkaitan dengan Haqqul Admy khususnya) itu bisa di maafkan oleh orang yang bersangkutan, Insya alloh akan mengampuni semua dosa yang pernah di lakukan jika semua hak adami tersebut sudah terselesaikan dengan baik.

Sehingga dengan kepastian terhadap makna khusus yang terdapat pada ucapan “Maf lahir bathin” tersebut makna akan kembali pada fitrah bisa di raih dengan sempurna. Sesempurna beberapa surat dan ayat al quran seperti surat al waqiah sebagai sumber dan pedoman hukum umat islam.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id