Apakah Disyaratkan Khotib Tahu Rukun Khutbah? Berikut Penjelasannya

Apakah Disyaratkan Khotib Tahu Rukun Khutbah Berikut Penjelasannya

Almunawwar.or.id – Dalam tata caranya, berkhutbah terutama saat shalat jumat itu di anjurkan bagi seorang khotib memahami materi yang akan di bahasnya terlebih khusus dari beberapa hal yang menjadi rukun khutbah itu sendiri agar keutamaan dalam beribadah shalat jumat bisa di raih dengan sepenuhnya.

Meskipun untuk saat ini banyak sekali panduan buku khutbah yang beredar di pasaran yang sangat memungkinkan bagi seorang yang di tunjuk menjadi khotib untuk lebih mudah membacanya, akan tetapi itu rasanya kurang afdhol dan kurang sempurna mengingat banyak hal yang harus di ketahui di balik tata caranya tersebut.

Lalu bagaimana jika seorang khotib itu tidak mengetahui syarat dan rukun khutbah jumat itu sendiri? Apakah di perbolehkan dan bagaimana hukum dari pada shalat jumatnya. Berikut ulasan singkat mengenai kedudukan masalah tersebut.

Khotbahnya seorang khotib yang berkhotbah, walaupun rukun-rukunnya lengkap, tetapi dia tidak tahu tentang hukum, syarat, rukun khutbah itu, khutbahnya sah karena khothib yang membaca khuthbah tidak disyaratkan tahu dan faham rukun-rukun khuthbah, keterangan bisa di lihat dari kitab Bugiyatul Mustarsyidin dengan redaksinya sebagai berikut:

.لا يشترط فهم أركان الخطبة للمستمعين بل ولا للخطيب نفسه خلافا للقاضي كما لا يشترط فهم أركان الصلاة ولا تمييز فروضها من سننها، قلت بل ولا يشترط معرفة الخطيب أركان الخطبة من سننها كما في فتاوى م ر كالصلاة. بغية المسترشدين ص : ١٠٣-١٠٤

” Tidak di syaratkan tahu atau memahami rukun khutbah buat jama’ah (Mustami’in) begitu juga buat seorang khotib tidak di syaratkan pula bagi dirinya seorang khotib, seperti tidak di syaratkannya tahu/memahami terhadap rukun shalat dan juga dari hal yang menjadi perbedaan dari fardhu dan sunnatnya, Begitu pula tidak di syaratkan seorang khotib mengetahui terhadap rukun khutbah dari sunnah-sunnahnya khutbah, seperti yang di terangkan dalam beberapa fatwa.

Walhasil sah-sah saja khutbah dan shalat jumatnya jika di pimpin oleh seorang khotib yang tidak mngetahui rukun khutbah tersebut, hanya saja alangkah lebih afdhol dan baiknya apabila lebih memahami dan mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan tata cara pelaksanaan khutbah dan shalat juma’at.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id