Apakah Orang Mati Dapat Mendengar Doa Kita? Berikut Ulasannya

Apakah Orang Mati Dapat Mendengar Doa Kita Berikut Ulasannya

Almunawwar.or.id – Ada keterangan ayat Alquran yang menerangkan bahwa orang yang masih hidup itu tidaka akan sangguh menjadikan orang-orang yang meninggal itu bisa mendengar. Nah ayat ini tentu bisa lebih di maknai dan di fahami lagi secara mendalam sesuai dengan tujuan yang di maksud.

Sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Al Qurtubi dalam tafsir Al ahkam, beliau menguraikan tentang yang di maksud dengan ayat tersebut yang berkaitan langsung dengan dengan peristiwa pertanyaan sahabat Umar bin Khattab saat Rasulullah saw memanggil tiga orang pemimpin kafir Qurays dalam perang Badar yang telah meninggal beberapa hari.”

Dan tentu jika di lihat dari pemaknaan secara mendasar tentang arti dan tujuan daripada ayat tersebut adalah sebuah peristiwa yang di alami oleh Baginda Rasululloh S.A.W ketika selesai peperangan, sehingga saat itu pula sahabat Umar Bin Khattab menanyakan kepada beliau.

يا رسول الله تناديهم بعد ثلاث وهل يسمعون ؟يقول الله إنك لا تسمع الموتى فقال : والذي نفسي بيده ما أنتمبأسمع منهم ولكنهم لا يطيقون أن يجيبوا

Artinya : “Ya Rasulullah, apakah engkau memanggil-manggil mereka yang telah meninggal tiga hari bisa mendengarkan panggilanmu. Bukankah Allah SWT telah berfirman dalam al quran: Innaka laa tusmi’ul mauta?

Lalu dijawab oleh Rasulullah saw: “Demi Dzat yang jiwaku ada dalam kekuasaan-Nya, tidaklah engkau sanggup mendengar mereka, mereka lebih mendengar daripada kamu hanya saja mereka tidak mampu menjawab.” (HR. Muslim dari Imam Anas ra)

Nah dari sinilah pentingnya pengertian dan penafsiran sebuah dalil baik itu dari Al quran maupun Al hadits dengan penafsiran sesuai dengan kaidahnya agar tidak menimbulkan kekeliruan apalagi penyelewengan dan penyesetan yang justru itu sangat membahayakan.

Seperti keterangan ayat tadi di atas yang menjelaskan bahwa orang hidup tidak bisa memberikan pendengaran pada orang yang mati, akan tetapi jika di kaji dan di sambungkan dengan keterangan hadits tadi dijelaskan bahwa sesunnguhnya orang yang sudah mati lebih mendengar dari pada orang yang masih hidup.

Bahkan tidak hanya kisah itu saja yang menjelaskan orang yang mati bisa mendengar, banyak di antaranya kisah-kisah pada jaman Nabi yang menjadi dalil hal tersebut, diantaranya.

1. Di riwayatkan dr abu hurairoh : abu rozin brkata,ya rosulallah sesungguhya aku brjalan trhadap mereka yg tlh meninggal,apakah aku mengucpkan sesuatu kpada merka ktk aku lewat?nabi SAW brsabda: katakanlah “as salamu alaikum ya ahlal quburi minal muslimiin wal mu’miniin antum lana salafun wa nahnu lakum tabba’un wa innaa in sya’a allahu bikum lahikuuna”.kmudian abu rozin brkata:ya rosulallah,apakah mreka mendgar? nabi SAW brsbda : mreka mendgar tp mreka tdk kuasa untk menjwabnya. Hadits “yasma’uuna wa lakin la yastathi’uuna an yujiibuu”mreka yg mgucpkan salam kepadanya mendgar jika tdk maka mreka menjawab tp kalian tdk mendgar jawaban salam mrka(mautaa).

2. Di riwayatkan ibnu abdil bar :org2 yg tlah meninggal mereka tahu siapa yg datang(ziyaroh) kepadanya dan mreka mendngar undangan mereka yg ziarah dan mreka menjawab salam mreka.dr abu hurairoh,nabi bersabda:ktk seseorg mlwati suatu quburan yg ia kenal kmudian mengucapkan salam mk ahli qubur itu menjwb salamya dan mengetahui org itu.dan ketka ia mlewati kburan yg tdk ia kenal kmdian mengucapkan salam kpd ahli qubur mk ahli qubur itu menjawab salamya.

3. Dalam riwayat lain menyebutkan bahwa orang yang mati apabila sudah dikuburkan dan orang yang menguburkan itu kembali pulang, maka dia (ahli kubur) itu mampu mendengar gesekan suara sendal. ziarah Menurut Imam AlQurtubi, orang yang sudah meninggal itu bukan berarti mereka tidak lenyap samasekali juga tidak pula rusak hubungan dengan orang yang masih hidup. Tetapiyang meninggal itu hanya terputus hubungan antara ruh dan badan dan hanya berpindah dari alam dunia ke alam kubur.

4. Menurut hadits Shohihaini(Bukhari Muslim) Dari sanad yang berbeda-beda, Rasulullah saw pernah berbicara kepada orang-orang kafir yang gugur dalam perang badar saat mereka dibuang disumur Quleb kemudian Rasulullah saw berdiri dan memanggil nama-nama mereka (ya fulan bin fulan 2x) “Apakah engkau telah mendapatkan janji dari Tuhanmudengan benar, sedangkan saya telah mendapatkan janji yang benar pula dari Tuhanku.” Dalam penjelasan kitab Tafsir Ibnu Katsir bahwa yang dipanggil oleh Rasulullah saw ituadalah: Abu Jahal bin Hisyam, Utbah bin Robi’ah dan Syaibah bin Robi’ah. Ketiganya itu adalah tokoh kafir Quraisy.

Walhasil, Orang yang sudah mati itu memang bisa mendengar dengan doa ataupun panggilan orang yang masih hidup, hanya saja mereka (orang mati) tidak mampu menjawabnya karena sudah berbeda alam. (Tafsir ahkam Juz 7: hal 326).

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id