Arti dan Kandungan Rahasia Daripada Huruf Ba (Bi) Pada Lafadz Basmalah

Arti dan Kandungan Rahasia Daripada Huruf Ba (Bi) Pada Lafadz Basmalah

Almunawwar.or.id – Pada dasarnya penjelasan mengenai tentang rahasia dan tujuan yang terdapat pada setiap huruf arab itu adalah bagian terpenting dari kalimah yang disertai oleh huruf yang dimaksud. Seperti arti dan tujuan daripada hurup “Ba” yang terdapat pada lapadz Basamalah.

Pada bagian ini berbagai disiplin ilmu agama khususnya ilmu nahwu dan sorof yang merupakan ilmu dasar yang bisa mengkaji arti dari kedudukan sebuah huruf ataupun kalimah dalam bahasa arab sangatlah berperan besar terhadap pemaknaan dari keberadaan huruf tersebut.

Sehingga secara pengkajiannya itu jauh lebih di mengerti dan di pahami arti kata yang sesungguhnya, baik secara pengucapan lapadznya maupun dari rahasia yang terkandung didalmnya, seperti yang terdapat pada huruf “Ba” pada lapadz Bismillahirrohamanirrohiim menurut kajian ilmu nahwu berikut dengan rahasia serta penjelasannya.

Terdapat rahasia tertentu yang terdapat pada huruf Ba itu sebagaimana yang telah di jelaskan oleh Imam Assyarbiiny dalam kitab Al-Iqnaa’, “Allah menurunkan sebanyak seratus empat kitab kepada tujuh orang Nabi-Nya, dan seluruh kitab tersebut terkumpul dalam empat kitab, yaitu al-Quran, Taurat, Injil dan Zabur. Dari keempat kitab tersebut terkumpul dalam satu kitab yaitu al-Quran.

Dan semua surat yang ada dalam al-Qur`an terkumpul dalam satu surat yaitu al-Fatihah, dan seluruh ayat yang terdapat dalam al-Fatihah terkumpul dalam bismillahir rahmanir rahim. Ada riwayat lain yang menyebutkan bahwa semua yang terdapat dalam kalimat basmalah terkumpul dalam huruf ba dan semua yang terdapat dalam huruf ba terkumpul dalam titiknya.

Senada dengan keterangan sebuah hadits yang menyebutkan bahwa “Saat Malaikat Jibril datang kepadaku, yang pertama diberikannya kepadaku ialah Bismillaahir rahmaanir rahiimi.”(Darulquthni dan Ibnu Umar r.a. ). Dan makna inilah yang senantias harus di pahami dan di mengerti betul oleh setiap individual muslim.

Didalam kitab ‘Iaanah Atthoolibiin diterangkan bahwa Sayyidina Ali Karromallohu Wajhahu pernah menuturkan tentang perkataannya sebagai berikut “Jika mau aku akan membebani delapan puluh unta untuk memuat makna dari huruf ba dalam kalimat basmalah.”

Sedangkan jika di tinjau dari kajian ilmu nahwu penjelasannya sebagai berikut ” Huruf ba (bi) adalah huruf jar yang memiliki ta’aluq (ikatan) pada kalimat sebelumnya yang dalam basmalah ini ta’alluqnya di buang bila di tampakkan kira-kira berbunyi ABTADI-U “aku memulai”, Sehingga bismillah berarti “saya atau kami memulai dengan nama Allah”.

Dengan demikian kalimat tersebut menjadi semacam doa atau pernyataan dari pengucap. Atau dapat juga diartikan sebagai perintah dari Allah (walaupun kalimat tersebut tidak berbentuk perintah), “Mulailah dengan nama Allah.

Dari segi pengucapannya pun itu seharusnya sadar bahwa tanpa kekuasaan Allah dan pertolongan-Nya, apa yang sedang dikerjakannya itu tidak akan berhasil. Ia menyadari kelemahan dan keterbatasan dirinya tetapi pada saat yang sama-setelah menghayati arti basmalah ini, ia memiliki kekuatan dan rasa percaya diri karena ketika itu dia telah menyandarkan dirinya dan bermohon bantuan Allah Yang Maha Kuasa itu.

Bahkan dalam kitab tafsir Mariful Qur’an, Mufti Shafi Usmani RA memberikan analisa secara bahasa tentang makna kata bismillah. Menurut beliau kata bismillah terdiri dari 3 suku kata ba, ism dan Allah. Kata ba memiliki 3 konotasi dalam bahasa Arab :

1. Mengekspresikan kedekatan antara dua benda yang satu dengan lainnya hampir tidak memiliki jarak.
2. Mencari pertolongan dari seseorang atau sesuatu
3. Mencari berkah dari seseorang atau sesuatu

Sehingga bisa di mengerti dan di pahami secara mendalam bahwa huruf bi yang diterjemahkan dengan kata “dengan, bersama” itu dikaitkan dalam benak dengan kata “kekuasaan dan pertolongan”. Dengan demikian pengucap basmalah seakan-akan berkata, “dengan kekuasaan Allah dan pertolongan-Nya, pekerjaan yang sedang saya lakukan ini dapat terlaksana.

Walhasil kedudukan huruf “Ba” pada lapadz Basmalah baik di tinjau secara pemaknaan rahasia yang terkandung didalamnya, maupun di tinjau dari segi bahasa dan pengucapannya itu mempunyai peran penting dan hubungan yang sangat kuat antara orang yang mengucapkan juga terhadap tujuan daripada penngucapannya itu yaitu Alloh S.W.T.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
almunawwar.or.id
piss-ktb.com