Bersyukur Kepada Allah S.W.T Adalah Kunci Sukses Hidup

Bersyukur Kepada Allah S.W

Almunawwar.or.id – Tiada kesempurnaan yang bisa di rasakan sekaligus di ucpakan selain rasa syuur yang mendalam dan luar biasa atas apa nikm,at yang telah di terima, Karena sesungguhnya dengan tatkala kita pandai mensyukuri dengan semua yang ada itu tanpa di sadari energi sosial yang ada dalam diri itu tumbuh dengan cepat, sekaligus menambah rasa optimis dalam menatap hidup dan kehidupan ini.

Bersyukur pula merupakan puncak dari segala cara seorang hamba ketika di berikan sebuah karunia, Dengan prospek bersykur itu akan memberikan sentuhan yang berbeda tentang bagaimana kita menghargai dan menghormati hasil jerih payah kita maupun orang lain, Itulah sebabnya bersyukur sangat di anjurkan oleh Agama, bahkan jaminan pasti bagi seorang hamba yang pandai bersyukur akan di tambah yang lebih dari pada yang ada.

Namun sebaliknya bagi seorang hamba yang tidak pandai bersyukur dalam masalah ini adalah kufur nikmat maka sesungguhnya adzab itu Alloh S.W.T itu sangat pedih. jadi pandai-pandailah untuk bersyukur terutama mampu menghargai hasil dari kinerja seseorang, dengan seperti itu maka setidaknya ada harapan besar baik bagi oarng yang melakukan pekerjaan itu maupun bagi kita sebagai objek dari pada adanya rasa syukur tersebut.

Orang yang bersykur sejatinya adalah orang yang sselalu ber terima kasih dengan segala apa yang di terima nya, Sehingga efek dari selalu menanamkan rasa syukur itu senantiasa ada hal-hal yang bisa menghalangi dala diri. terutama dalam urusan rezeki karena kebanyakan orang memandang besar dan kecilnya masalah rasa syukur itu identik dengan masalah perekonomian, Padahal jika di perhatikan secara seksama masih banyak nikmat yang harus di syukuri dalam diri kita.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya : “Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, “Sesungguh­nya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim ayat 7).

1. Orang Yang Bersyukur Akan Jauh Lebih Produktif
Kenapa? Karena mereka tahu memanfaatkan resources dan peluang yang ada. Orang yang selalu mengeluh akan menghabiskan waktunya menyesali diri. Berlama-lama dalam nestapa membuat kita tidak siap menangkap peluang berikutnya. Orang yang bersyukur akan memanfaatkan apa yang dimiliki saat ini, sekecil apapun itu, sebagai bekal untuk terus maju.

2. Orang Yang bersyukur itu Lebih Bahagia dan Optimis
Sementara orang yang pesimis akan sibuk meratapi kegagalan dan nyinyir akan kesuksesan orang lain, orang yang pandai bersyukur emosinya akan lebih stabil, sigap mencari solusi, melokalisir persoalan bukan melebarkannya kemana-mana, dan taktis mengatur strategi. Dengan segala keterbatasannya, orang yang bersyukur akan membuat skala prioritas.

3. Bersyukur itu Manfaatnya Akan Kembali Kepada Kita

‎وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

Artinya : “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (QS Luqman: 12)

Sederhana saja. Rasul mengingatkan, “Perumpamaan kalian dalam hal kasih sayang itu bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan, maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam” (HR Muslim). Mafhum mukhalafahnya ialah kalau ada anggota tubuh yang senang, maka sekujur tubuh juga seharusnya senang!

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
nu.or.id
almunawwar.or.id