Ciri dan Cara Membedakan Rezeki Yang Barokah Dan Tidak Barokah Secara Fiqh

Ciri dan Cara Membedakan Rezeki Yang Barokah Dan Tidak Barokah Secara Fiqh

Almunawwar.or.id – Rezeki merupakan sebuah karunia yang di berikan oleh Alloh S.W.T kepada semua mahluqnya tanpa terkecuali, dalam pengertian apapun yang di namakan sebagai mahluq hidup di muka bumi ini telah serta pula di berikan rezeqinya.

Hanya saja dalam urusan pemberian rezeqi tersebut ada yang di hubungkan dengan ikhtyar dan usaha mahluq, besar dan kecilnya sebuah pemberian rizkinya tergantung dari bagaimana kita berusaha dan berikhtiyar semaksimal mungkin untuk dapat mencari sekaligus menyambut kedatangannya.

Namun ada hal yang lebih penting di balik besar dan kecilnya rezeqi seseorang yaitu tentang keberkahan yang terdapat di dalam rezeqi, keberkahan sendiri merupakan bertambahnya kebaikan dan efek manfaat seta maslahat dari penggunaan rezeqi yang di terima baik itu untuk dirinya maupun bagi orang lain.

Intinya kemampuan dalam memanfaatkan dan memaksimalkan apa yang sudah di terima baik itu berupa harta, kedudukan, jabatan dan lain sebagainya yang menyangkut masalah kebutuhan tatanan hidup adalah bentuk dari pada penggapaian pasti dalam meraih keberkahan sebuah rezeqi.

Lalu bagaimana maksud dari pada keberkahan di balik pemberian rezeqi? berikut ulasan dari maksud dari keberkahan rezeqi sebagaimana yang di terangkan dalam salah satu kitab fiqh.

(اللهم بارك لنا فيه) من البركة وهي زيادة الخير ودوامه

Berkah adalah bertambah kebaikannya dan langgeng. Dalam kitab tafsir Attahrir Wattanwir juga disebutkan :

ومُبارَكاً اسْمُ مَفْعُولٍ مِنْ بَارَكَ الشَّيْءَ إِذَا جَعَلَ لَهُ بَرَكَةً وَهِيَ زِيَادَةٌ فِي الْخَيْرِ

Berkah adalah bertambah dalam kebaikan.
Jadi rizqi yang barokah ciri-cirinya : yang bisa menambah kebaikan. Contoh sederhana dapat gaji sehari 40 ribu tapi bisa jama’ah 5 kali sehari, sedang Gaji 100 ribu tapi hanya bisa jamaah 3 kali sehari, dan Gaji sehari sejuta tapi tidak bisa jama’ah malah sholat saja jarang. Maka gaji 40 ribu itu yang berkah, yang 100 ribu kurang berkah, yang 1 juta tidak berkah.

Dalam keterangan lain, Rizki yang berkah adalah keadaan rizki yang bisa menolong seseorang kepada keta’atan dan amal kebaikan, serta menjauhkannya dari kemaksiatan dan amal keburukan. Misal uang nya dipinjam orang lain karena dibutuhkan itu termasuk rizki berkah.

– kitab minnatul mun’im syarah muslim (4/173) :

قوله ان يبسط عليه رزقه : بسط الرزق توسيعه وكثرته مع تابركة فيه
البركة فيه هي أن يكون الرزق معينا على الطاعات وأعمال الخير، مبعدا عن المعاصي والشر

Makna Barokah
1. Barokah adalah kata yang diinginkan oleh hampir semua hamba yang beriman, karenanya orang akan mendapat limpahan kebaikan dalam hidup.
2. Barokah bukanlah cukup & mencukupi saja, tapi barokah ialah ketaatanmu kepada الله dengan segala keadaan yang ada, baik berlimpah atau sebaliknya.
3. Barokah itu: “albarokatu tuziidukum fi thoah” ~ barokah menambah taatmu kepada الله.
4. Hidup yang barokah bukan hanya sehat, tapi kadang sakit itu justru barokah sebagaimana Nabi Ayyub عليه السلام, sakitnya menambah taatnya kepada الله.
5. Barokah itu tak selalu panjang umur, ada yang umurnya pendek tapi dahsyat taatnya layaknya Musab ibn Umair.
6. Tanah yang barokah itu bukan karena subur dan panoramanya indah, karena tanah yang tandus seperti Makkah punya keutamaan di hadapan الله tiada yang menandingi.
7. Makanan barokah itu bukan yang komposisi gizinya lengkap, tapi makanan itu mampu mendorong pemakannya menjadi lebih taat setelah makan.
8. Ilmu yang barokah itu bukan yang banyak riwayat dan catatan kakinya, tapi yang barokah ialah yang mampu menjadikan seorang meneteskan keringat dan darahnya dalam beramal & berjuang untuk agama الله.
9. Penghasilan barokah juga bukan gaji yang besar & bertambah, tapi sejauh mana ia bisa jadi jalan rizqi bagi yang lainnya dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan tersebut. Anak-anak yang barokah bukanlah anak yang banyak dan saat kecil mereka lucu dan imut atau setelah dewasa mereka sukses bergelar & mempunyai pekerjaan & jabatan hebat, tapi anak yang barokah ialah yang senantiasa taat kepada Rabb-Nya & kelak di antara mereka ada yang lebih shalih dan tak henti-hentinya mendo’akan kedua Orang tuanya.

في كثير نفع، ومن أعظم ثمار البركة في الأمور كلها إستعمالها في طاعة الله عز وجل.
ومن تأمل في حال الصالحين والأخيار من العلماء، وطلبة العلم، والعباد يجد البركة ظاهرة في أحوالهم. فتجد الرجل منهم دخله المادي في مستوى الآخرين لكن الله بارك في ماله فلا تجد أعطال سيارته (مثلا) كثيرة ولا تجد مصاريف ينفقها دون فائدة؛ فهو مستقر الحال لا يطلبه الدائنون، ولا يثقله قدوم الزائرين، والآخر: بارك الله في ابنة وحيدة تخدمه وتقوم بأمره، وأنجبت له أحفادا هم قرة عين له، والثالث: تجد وقته معمورا بطاعة الله ونفع الناس وكأن ساعات يومه أطول من ساعات وأيام الناس العادية! وتأمل في حال الآخرين ممن لا أثر للبركة لديهم، فهذا يملك الملايين، لكنها تشقيه بالكد والتعب في النهار، وبالسهر والحساب وطول التفكير في الليل، والآخر: تجد أعطال سيارته مستمرة فما أن تخرج من (ورشة) حتى تدخل أخرى! والثالث له من الولد عشرة لكنهم في صف واحد أعداء لوالدهم والعياذ بالله، لا يرى منهم برا، ولا يسمع منهم إلا شرا، ولا يجد من أعينهم إلا سؤالا واحدا. متى نرتاح منك؟.
وأما البركة في العلم فجلية واضحة، البعض زكى ما لديه من العلم – وهو قليل – فنفع الله به مدرسا، أو داعية، أو موظفا، أو غير ذلك، وضدهم من لديه علم كثير لكن لا أثر لنفع الناس منه.
و البركة إذا أنزلها الله عز وجل تعم كل شيء: في المال، والولد، والوقت، والعمل، والإنتاج، والزوجة، والعلم، والدعوة، والدابة، والدار، والعقل، والجوارح، والصديق ولهذا كان البحث عن البركة مهما وضروريا !.

Semoga dengan senantiasa mengetahui apa yang di maksud dengan sebuah keberkahan, secara bisa membuka manfaat dan maslahat besar di balik tatanan hidup ini. Sehingga bisa meraih manfaat dan maslahat yang sejatinya adalah sebuah tujuan dari pada pemberian sebuah karunia dan keberkahan.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
almunawwar.or.id
piss-ktb.com