Definisi Fiqih Secara Umum dan Pembagiannya Dalam Madzhab Syafi’i

Definisi Fiqih Secara Umum dan Pembagiannya Dalam Madzhab Syafi'i

Almunawwar.or.id – Adalah sebuah kajian yang secara umum membahasa atau menerangkan hal-hal yag berkaitan langsung dengan tata cara ibadah dhoiriyah atau ibadah yang bisa dilihat oleh secara kasat mata dalam melaksanakannya. Dan ilmu yang di maksud asalah ilmu Fiqih.

Terdapat sebuah definisi ataupun ta’rif yang menjelaskan bahwa maksud dan tujuan daripada ilmu fiqih tersebut, sebagaimana yang telah diterangkan oleh para Ulama Fuqoha yang secara pengertian adalah memberikan pebgetahun pasti tentang hal-hal dari tata cara pelaksanaan secara dhohir.

Dalam ketentuannya ilmu fiqih itulah yang menjelaskan secara detail tentang bagaimana cara terbaik dan sah menurut hukum agama dari pelaksanaan ibadah dhoririyah, sehingga bisa sesuai dengan kaidah yang sesungguhnya berdsarkan sumber Alquran dan Alhadits.

Meskipun ada juga sebagian ulama yang memberikan pandangan yang berbeda dalam memberikan ta’rif dasar ilmu fiqih itu sendiri, akan tetapi secara umum itu merujuk pada artian memberikan pengertian dan penjelasan. Berikut ulasan secara global yang di maksud dengan ilmu fiqih.

فإن كلمة الفقه في اللغة اختلف العلماء في معناها، فقيل: مطلق الفهم، وقيل: فهم غرض المتكلم من كلامه، والقول الثالث: أنه فهم الأشياء الدقيقة, هذا الأخير رجحه القرافي وقال: هو الأولى.أما الفقه اصطلاحاً فهو العلم بالأحكام الشرعية العملية المستنبطة من أدلتها التفصيلية.فلما كان هذا العلم مستنبطاً من أدلة التشريع الإسلامي التي أساسها الأصلان: الكتاب والسنة، أطلق على هذا الفقه بأنه فقه إسلامي، أي أن التشريع الإسلامي هو مصدره ومستنده.والله أعلم

Artinya: ” Maka sesungguhnya pada kalimah Fiqih itu dalam pengertian secara bahasa nya itu terdapat perbedaan di kalangan ulama. ada yang menyebutkan “Mutlaqul Fahmi” yang artinya memberikan pengertian ada pula yang menyebutkan arti daripada fiqih tersebut adalah mengutarakan maksud orang yang berkata dari perkataannya.

Ada juga qaul ketiga yang berpendapat yaitu memberikan pengertian perkara yang sulit. dan qaul yang ini menjadi pendapat yang unggul. Adapun pnegertian fiqih secara istilah adalah ilmu yang menerangkan semua hukum syar’i amali yang berdasarkan pada dalil tafsilihi (dalil terperinci).

Beranjak dari situ, maka bisa diketahui bahwa Ilmu fiqih yang berdasarkan dalil-dali syar’i yang kedua-duanya adalah sebuah asas dsar yaitu Alkitab (Alquran) dan Assunah (Alhadits). Dan di maksud ataupun dikaitkan di sini adalah Fiqih Islami yaitu Ilmu Syariat islam dan ini. Wallohu A’lamu.

Dari penjelasan keterangan di atas tadi bisa diketahui pasti bahwa Menurut ahli bahasa, fiqh memiliki arti faham. sedangkan menurut istilah syara’, fiqh berarti “mengetahui hukum-hukum syara’ yang berhubungan dengan amal perbuatan orang mukallaf, baik amal perbuatan lahir maupun batin, seperti hukum wajib, haram, mubah, sah atau tidaknya sesuatu perbuatan tersebut.

Berdasarkan atas pemahaman di atas, maka Ushul Fiqh dapat didefinisikan sebagai Qaidah-qaidah yang dipergunakan untuk mengeluarkan hukum dari dalil-dalilnya; dan dalil-dalil hukum (yakni qaidah-qaidah yang menetapkan dalil-dalil hukum).

Hukum-hukum tersebut memiliki sumber, yaitu al-Quran, hadist, ijma’ dan qiyas. Dengan demikian, ushul Fiqh juga dapat diartikan sebagai sumber-sumber (dalil-dalil) tersebut dan bagaimana cara menunjukkannya kepada hukum dengan cara ijmal.

Dalil ijmal ialah dalil yang belum dibahas secara terperinci untuk suatu maksud hukum tertentu. Dengan kata lain dalil ijmal merupakan dalil yang bersifat umum, dan masih memerlukan keterangan.

Sedangkan pembagian daripada ilmu Fiqih yang terdapat pada madzhab Imam Syafi’i itu tidak lepas dari empat hal ataupun perkaran, diantaranya:

1. Rub’ul ibadah yaitu penjelasan ilmu fiqih yang mengkaji masalah ibadah lebih khusus ibadah dhoriyyah.
2. Rub’ul mu’amalah yaitu penjelasan ilmu fiqih yang mengkaji masalah jual beli aau perekonomian.
3. Rub’ul munakahah penjelasan ilmu fiqih yang mengkaji seputar dan semua hal yang berhubungan dengan pernikahan.
4. Rub’ul jinayat penjelasan ilmu fiqih yang mengkaji masalah kesosialan dan tata cara kemasyarakatan.

Demikianlah penjelasan daripada ilmu fiqih itu berdasarkan pembahasandari kajian yang ada pada kitab-kitab fiqih dan sumber ilmu yaitu Alquran dan Alhadits.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
Almunawwar.or.id
piss-ktb.com