Doa Agar Tidak Mudah Datang Rasa Kantuk Saat Menjalani Aktivitas

Doa Agar Tidak Mudah Datang Rasa Kantuk Saat Menjalani Aktivitas

Almunawwar.or.id – Salah satu hal yang bersifat alamiah dalam diri manusia dan sudah menjadi bagian dari hidupnya hakikat manusia adalah di sertai dengan siaft-sifat kemanusiaan. Salah satunya adalah mengantuk, meskipun terkesan sederhana namun sesungguhnya kantuk juga dapat membuat seseorang jauh dan pudar dari konsentrasi. tidak sedikit dari sebab mengantuk nyawa melayang seperti pada supir yang memaksakan untuk mengendarai kendaraan padahal posisinya sudah mengantuk berat.

Padahal masalah kantuk itu bisa di atasi dan di benahi dengan bisanya mengatur dan membagi waktu sesuai dengan kadar waktu yang di butuhkan. kantuk juga merupakan bagian dari rehatnya badan setelah menjalani berbagai aktivitas dan pekerjaan, sebagai bentuk relaksasi tubuh yang sangat membutuhkan waktu istirahat, dan cirinya adalah dengan datangnya rasa kantuk tersebut yang tidak bisa di telolir lagi.

Bisa menjadi masalah apabila rasa kantuk itu datang di saat kita menjalani aktivitas penting, terlebih bagi yang memiliki jadwal pekerjaan padat sehingga tidak waktu untuk bisa menyempatkan jeda supaya badan bisa berjalan sesuai dengan mobilisasinya. Oleh sebab itulah waktu 24 jam dalam aturan agama seseorang harus bisa membaginya menjadi beberapa bagian di antaranya 8 jam waktu untuk bekerja, 8 jam waktu untuk beristirahat dan 8 jam pula waktu untuk ibadah.

Namun pmebagian ketiga waktu itu tidak semuanya bisa friendly terutama jika di kaitkan dengan berbagai kebutuhan hidup sering kali banyak waktu yang di sita untuk mencarri nafkah dan pekerjaan. Sehingga waktu untuk mengistirahatkan badan begitu singkat. Lalu bagaimana agar rasa ngantuk itu tidka mudah datang saat kita menjalani pekerjaan penting?

KH Achmad Chalwani dalam bukunya Risalah Doa & Shalawat menjelaskan ijazah dari Al-‘Arif Billah KH Nahrowi Dalhar (1870-1959) Watucongol, Muntilan, Magelang, tentang doa penangkal rasa kantuk. Doa itu merupakan penggalan Al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 255 atau yang lebih populer disebut Ayat Kursi.

لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ

Lā ta’khudzuḥū sinatuw walā naūm Artinya: “Allah tidak mengantuk dan tidak tidur.” (Achmad Chalwani, Risalah Doa & Shalawat, [Purworejo, KESAPP: 2021] edisi VIII, halaman 33).

Adapun cara membacanya sebagaimana dijelaskan dalam buku, ayat tersebut dibaca sebanyak 7 kali setelah shalat fardlu atau shalat maktubah. Baca: Doa Menghilangkan Rasa Malas Demikian doa agar tidak mudah mengantuk sebagaimana disampaikan oleh Wakil Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah tersebut dari KH Al-‘Arif Billah KH Nahrowi Dalhar Watucongol Magelang.

Doa Menghilangkan Malas

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Sumber: https://islam.nu.or.id/doa/doa-menghilangkan-rasa-malas-NAMzG

Wallohu A’lamu Bishowaab
semoga Bermanfaat.

Sumber:
nu.or.id
almunawwar.or.id