Doa Dua Malaikat di Setiap Pagi Bagi Orang Mukmin Yang Selalu Berinfaq

Doa Dua Malaikat di Setiap Pagi Bagi Orang Mukmin Yang Selalu Berinfaq

Almunawwar.or.id – Ketika pagi datang menjelang banyak hal yang mesti dilakukan oleh banyak orang terutama bagi setiap individu muslim, seiring dengan langkah kaki yang bertajukan pada harapan untuk meraih yang terbaik dalam melakukan aktivitas tersebut sembari menadahkan tangan seraya berdoa agar limpahan berkah dan hikmah senantiasa diberikan kepada kita semua.

Rangkaian kata dari doa tersebut merupakan salah satu amalan yang dilakukan oleh makhluq Alloh S.W.T lainnya yaitu malaikat yang dengan konsistennya selalu mendoakan bagi setiap muslimin yang rela menafqahkan harta dan kemampuannya ke jalan yang di ridhoi oleh Alloh S.W.T.

Karena yaqinilah apa yang kita lakukan semua itu adalah bukti nyata dari ketawakalan kita semua bukan semata hanya melaksanakan kewajiban, akan tetapi di setiap niat tersebut terselip serangkaian doa dalam mengawali aktivitas di pagi hari ini.

Seraya dengan itu maka perlu sekali kita sebagai umat Nabi Muhammad S.A.W menghayati arti dan tujuan dari keterangan sebuah hadits yang dijelaskan oleh Para Imam, yaitu Imam Ahmad, Ibnu Hibban, dan al-Hakim meriwayatkan dari Abud Darda’ Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَا طَلَعَتْ شَمْسٌ قَطُّ إِلاَّ بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ يُسْمِعَانِ أَهْلَ اْلأَرْضِ إِلاَّ الثَّقَلَيْنِ، يَا أَيُّهَا النَّاسُ هَلُمُّوْا إِلَى رَبِّكُمْ فَإِنَّ مَا قَلَّ وَكَفَى خَيْرٌ مِمَّا كَثُرَ وَأَلْهَى وَلاَ آبَتْ شَمْسٌ قَطٌّ إِلاَّ بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ يُسْمِعَانِ أَهْلَ اْلأَرْضِ إِلاَّ الثَّقَلَيْنِ، اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَأَعْطِ مُمْسِكًا مَالاً تَلَفًا.

Artinya: “Tidaklah matahari terbit kecuali diutus di dua sisinya dua Malaikat yang berseru. Semua penduduk bumi mendengarkannya kecuali jin dan manusia, mereka berdua berkata, ‘Wahai manusia menghadaplah kalian kepada Rabb kalian, karena yang sedikit dan cukup itu tentu lebih baik daripada yang banyak tetapi dipakai untuk foya-foya, dan tidaklah matahari terbenam kecuali diutus di antara dua sisinya dua Malaikat yang berseru, semua penduduk bumi mendengarkannya kecuali jin dan manusia, mereka berdua berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak dan hancurkanlah harta orang yang pelit.”

Makna yang terkandung dari keterangan hadits tersebut seraya menyerukan kepada kita semua untuk senantiasa bisa menyisihkan sebagai harta ataupun apa saja yang di miliki oleh kita semua ke jalan yang sangat di ridhoi oleh Alloh S.W.T.

Hal ini senada dengan keterangan lainnya yang menyebutkan bahwa ” Barang siapa yang memiliki harta, maka bershodaohlah dengan harta tersebut, dan barang siapa yang memiliki ilmu, maka bershodaqohlah dengan ilmu tersebut. Jadi apa saja kemampuan dan kepemilikan kita, jika itu ada kaitannya dengan kemaslahatan dan kemanfaatan bagi orang lain, maka berikanlah sesuai dengan kemampuan kita semua.

Nah satu hal yang perlu dan layak untuk diketahui dan di pahami dari keterangan tadi itu adalah bagaimana pentingnya bershodaqoh ataupun menginfakan sebagian harta kita semua, agar keberkahan yang ada pada garta ataupun kemampua dan kepimilikan kita tersebut senantiasa bisa kembali dirasakan secara utuh.

Jangan kikir ataupun pelit dalam kebaikan, karena sesungguhnya itu justru akan menutup pintu keberkahan dalam menjalani hidup dan kehidupan ini. Sebab keberkahan akan mengalir, jika manfaat dari apa yang kita miliki bisa dirasakn manfaat dan maslahatnya oleh orang lain.

Seraya dengan itu maka keterangan lain menyebutkan bahwa:

وحدثني القاسم بن زكريا حدثنا خالد بن مخلد حدثني سليمان وهو ابن بلال حدثني معاوية بن أبي مزرد عن سعيد بن يسار عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما من يوم يصبح العباد فيه إلا ملكان ينزلان فيقول أحدهما اللهم أعط منفقا خلفا ويقول الآخر اللهم أعط ممسكا تلفا

Artinya: “Tidak satu hari pun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua Malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Sedangkan yang lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang kikir.”

Untuk itu penting sekali kiranya bagi kita semua dalam menjadikan hak status kepmilikan kita baik dari harta, tenaga, maupun pengertian dan pengetahuan kita untuk di olah ke jalan yang memang sudah menjadi ketentuan dari garis jalan agama islam ini.

Hadits lainnya menyebutkan:

قوله صلى الله عليه وسلم : ( ما من يوم يصبح العباد فيه إلا ملكان ينزلان فيقول أحدهما : اللهم أعط منفقا خلفا ، ويقول الآخر : اللهم أعط ممسكا تلفا ) قال العلماء : هذا في الإنفاق في الطاعات ومكارم الأخلاق وعلى العيال والضيفان والصدقات ونحو ذلك ، بحيث لا يذم ولا يسمى سرفا ، والإمساك المذموم هو الإمساك عن هذا

Al-Malla ‘Ali al-Qari berkata di dalam syarah hadits ini, “Yang dimaksud dengan ‘kikir’ di sini adalah pelit memberikan kebaikan atau harta bagi yang lainnya.”

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Adapun do’a dengan dihancurkan mempunyai makna bahwa harta itu sendiri yang hancur atau pemilik harta tersebut, maksudnya adalah hilangnya kebaikan karena sibuk dengan yang lainnya.”

Demikian pula dengan doa yang selalu dan selalu di panjatkan oleh kedua malaikat yang di khususkan dan di tujukan kepada muslim yang selalu berinfaq untuk memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi muslim lainnya. Hal ini di siratkan dari keterangan hadits hadis riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim.

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Setiap datang waktu pagi, ada dua malaikat yang turun dan keduanya berdoa. Malaikat pertama memohon kepada Allah, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang memberi nafkah/berinfaq’, sementara malaikat satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikan kehancuran bagi orang yang pelit.”

Keterangan-keterangan tersebut senantiasa bisa menjadi sebuah jalan untuk bisa menjadikan setiap waktu kita hanya dijadikan ibadah untuk bisa meraih keridhoan dari Alloh S.W.T, sehingga keberkahannya itu bisa mengalir kepada kita semua.

Semoga Bermanfaat
Wallohu A’lamu Bishowaab.

Sumber:
almunawwar.or.id
piss-ktb.com