Doa Ketika Melihat Kampung Halaman

Doa Ketika Melihat Kampung Halaman

Almunawwar.or.id – Dalam setiap aktivitas dimana pun berada bagi Umat Muslim itu sejatinya harus di iringi dengan berdo’a. Karena selain sunnah dan anjuran Nabi, berdo’a itu adalah laksana senjata bagi setiap muslim, termasuk berdoa ketika sedang dan melihat kampung halaman.

Apalagi moment tepat seperti bulan ramadhan ini yang memang sudah tradisi umat islam di seluruh dunia terlebih khusus yang ada di Indonesia sendiri melakukan kegiatan pulang kampung atau mudik. Tentu selain kerinduan akan kecintaan terhadap kampung halaman bisa terwujudkan.

Apalagi di sertai juga dengan melakukan kegiatan berdoa sebagaimana Rasulullah SAW mengajarkan para sahabat untuk berdoa agar kampung halaman itu memberikan keberkahan bagi penduduknya khususnya bagi mereka yang pulang kampung. Berikut ini doa Rasulullah SAW ketika melihat kampung halaman.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لَنَا بِهَا قَرَارًا وَرِزْقًا حَسَنًا

Allâhummaj‘al lanâ bihâ qarârâ, wa rizqan hasanâ

Artinya, “Tuhanku, jadikan kampung ini tempat tinggal kami dan jadikan desa ini sebagai rezeki yang baik.”

Dengan doa ini, kita berharap Allah SWT menjadikan desa kita semua dijadikan sebagai tempat yang memberikan kenyamanan bagi penduduknya, dan memberikan berkah bagi mereka. Doa ini disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. Wallahu a’lam.