Doa Masuk dan Keluar Rumah Berikut Arab Latin Arti dan Faidahnya

Doa Masuk dan Keluar Rumah Berikut Arab Latin Arti dan Faidahnya

Almunawwar.or.id – Islam adalah agama yang indah dan sejuk nan selalu memberikan yang terbaik dari tuntunan dan tatanan hidup termasuk dalam masalah kecil dan sederhana dengan di anjurkan untuk senantiasa berdoa bagi setiap muslim, Semua aktifitas dalam islam itu mengandung makna, manfaat dan doa. Dalam artian jika tidak ada manfaatnya sebuah aktifitas lebih baik jangan di lakukan, karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang selalu senantias memberikan manfaat bagi orang lain.

Islam mengajarkan kepada setiap muslim untuk mengawali segala sesuatu itu dengan mengucapkan do’a. Karena selain sudah di wajigbkan berdoa merupakan sebuah amalan ibadah yang begitu istimewa bagi seorang hamba yang sangat membutuhkan bimbingan dan perlindungan Alloh S.W.T. Sesungguhnya tiada seorang pun yang tahu akan apa yang terjadi di masa selanjutnya, untuk itu berdoa merupakan cara terbaik agar senantiasa dapat memperoleh yang terbaik.

Termasuk ketika hendak masuk dan keluar rumah, Dalam islam di anjurkan untuk berdoa bagi setiap muslim. Seorang muslim jika hendak masuk pada sebuah tempat khususnya rumah itu harus ada tata cara penghormatan terutama jika masuk pada rumah orang lain. Hal ini sebagaimana yang telah di jelaskan dalam Alquran dan di contohkan langsung oleh baginda Rasulalloh S.A.W sebagai suri tauladan terbaik bagi semua umat manusia khususnya umat islam.

Firman Allah dalam Surat an-Nur ayat 61:

فَاِ ذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰۤى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً

Artinya: Apabila memasuki rumah-rumah, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah.

Tujuannya ketika memberikan pernghormatan saat masuk rumah adalah pengharapan terhadap keberkahan yang mengalir dari hal yang ada di rumah, Makna barakah sendiri di sini adalah harapan adanya tambahan kebaikan, kasih sayang dan ketentraman dari Allah. Dengan demikian, ada lingkup kebaikan yang ada di dalam rumah dengan penghuninya. Sehingga keberkahan yang ada dapat di rasakan baik bagi sang tamu maupun untuk penghuni rumah itu sendiri.

Doa Masuk Rumah

اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal”.

Doa Keluar Rumah

بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Alllah, aku bertawakkal kepada-Nya dan tidak daya dan kekuatan kecuali dengan Allah”.

dalam hadits yang diriwayatkan Abu Dawud, at-Tirmidzi, Nasa’i dan lainya. Hal tersebut sebagaimana dikutip Imam Abi Zakariya Muhyiddin Yahya al-Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar an-Nawawi. Hadits ini melalui jalan sahabat Anas Radliyallah ‘Anhu, bahwa Rasulullah berpesan kepadanya.

من قال- يعني اذا خرج من بيته- بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ، يقال له: كفيت و وقيت و هديت و تنحّى عنه الشيطان

Artinya: Barangsiapa yang membaca —yaitu ketika keluar dari rumahnya—‘bismillahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa haula wa laa quwwata illa billah, Dikatakan kepadanya: Kamu akan dicukupkan, dikuatkan, dan diberi petunjuk dan setan jauh darinya.

Syeikh Muhyiddin Dib menjelaskan terkait faedah membaca doa tersebut. Menurutnya, makna kufiita: seseorang akan dicukupkan dari semua urusan dunia dan akhirat, wuqiita: dijaga dari kejahatan musuh, hudiita: diberikan rizki berupa hidayah yang terus mengalir kepadanya. (Muhyiddin Dib, Lawami’ al-Anwar Syarh Kitab al-Adzkar, Bairut, Dar Ibn Kathir, 2014), Juz 1, halaman: 74).

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat,

Sumber:
nu.or.id
almunawwar.or.id