Doa Setelah Adzan Dan Iqomat Bahasa Arab Latin Beserta Artinya

Doa Setelah Adzan Dan Iqomat Bahasa Arab Latin Beserta Artinya

Almunawwar.or.id – Berdoa yang merupakan salah satu bentuk ibadah bagi setiap individu muslim senantiasa di amalkan setiap akan melaksanakan aktifitas maupun sesudah selesai melaksanakannya, Di antaranya berdo setelah adzan dan iqomat yang begitu di anjurkan sekali, Karena selain merupakan amalan ibadah, adzan dan iqomat juga merupakan bentuk seruan kepada setiap muslim untuk bersegera mempersiapkan diri dalam melaksanakan shalat.

Sehingga terasa begitu sempurna dan paripuran apabila di setiap akan melaksanakan sebuah pekerjaan itu di awali dan di akhiri dengan berdoa. Mengapa dikatakan demikian? Karena kita sebagai mahluq selain di perintahkan untuk berdoa, kita juga tidak mengetahui hal-hal yang akan terjadi pada masa selanjutnya, Sedangkan berdoa adalah daya ikhtiyar makhluq yang berharap akan di berikan yang terbaik pada hasil amalan atau pekerjaannya tersebut.

Terlebih adzan dan iqomat yang tidak hanya berupa ajakan atau seruan untuk mendirikan shalat, Akan tetapi jauh lebih bermakna dan berarti lagi bahwa sesungguhnya doa merupakan senjata bagi setiap muslim, bahkan doa sesudah adzan dan iqomat menurut keterangan termasuk pada serangkaian doa Mustajab, Jadi dengan adanya seruan tersebut senantiasa kita bisa mengamalkan apabila mendengar adzan dan iqomat di manapun berada.

Do’a Sesudah Adzan

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ القَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّداً الوَسِيْلَةَ وَالفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ المِيْعَادَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Latin “Allāhumma rabba hādzihid dakwatit tāmmah, was shalātil qā’imah, āti sayyidanā muhammadanil wasīlata wal fadhīlah, wab‘atshu maqāmam mahmūdanil ladzī wa‘attah, innaka lā tukhliful mī’ād. Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah wasilah (tempat di surga) dan keutamaan kepada Nabi Muhammad saw. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji (hak syafa’at) yang Kaujanjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji.

Dalil Tentang Doa Setelah Adzan

Doa ini diriwayatkan oleh sahabat Jabir dalam sahih Bukhari.

وعن جابر بن عبد الله رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من قال حين يسمع النداء اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ القَائِمَةِ آتِ مُحَمَّداً الوَسِيْلَةَ وَالفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، حلت له شفاعتي يوم القيامة رواه البخاري في صحيحه

Artinya: “Dari Jabi bin Abdullah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan ‘Allāhumma rabba hādzihid dakwatit tāmmah, was shalātil qā’imah, āti muhammadanil wasīlata wal fadhīlah, wab‘atshu maqāmam mahmūdanil ladzī wa‘attah,’ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat.’ (HR Bukhari),” (An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 44).

Doa Selesai Iqomat

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ القَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّداً الوَسِيْلَةَ وَالفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ المِيْعَادَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Latin “Allāhumma rabba hādzihid dakwatit tāmmah, was shalātil qā’imah, āti sayyidanā muhammadanil wasīlata wal fadhīlah, wab‘atshu maqāmam mahmūdanil ladzī wa‘attah, innaka lā tukhliful mī’ād. Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā”.

Artinya, “Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan shalat yang hampir berdiri, berikanlah wasilah (tempat di surga) dan keutamaan kepada Nabi Muhammad saw. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji (hak syafaat) yang Kaujanjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji. Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
nu.or.id
almunawwar.or.id