Kenapa Alquran diAwali Dengan Surat Al Fatihah? Berikut Penjelasannya

Kenapa Alquran diAwali Dengan Surat Al Fatihah Berikut Penjelasannya

Almunawwar.or.id – Alquran yang merupakan kalamulloh kitab suci umat islam yang akan menjadikan nilai ibadah bagi siapa saja umat islam yang membaca, mendengarkan, tadabbbur (memikirkan makna dan tujuannya) juga bagi orang yang bisa mengamalkannya, tentu ada rahasia tertentu yang terdapat pada setiap surat pada Alquran tersebut.

Selain menjadi kitab suci bagi umat Islam, didalam alquran juga terdapat rahasia-rahasia yang memang kebanyakan orang belum mengetahuinya. Salah satunya dari mengapa awal dalam Alquran itu surat Alfatihah tidak dengan surat yang lain? Nah di sini mungkin perlu penjelasan yang membahas tentang itu sesuai dengan keterangannya.

Sebab pada hakikatnya Ayat, Surat, Juz dan yang lain yang berhubungan dengan Alquran itu sendiri mempunyai rahasia-rahasia tertentu. Untuk itu memahami setiap huruf ataupun kalimah yang terdapat pada Alquran tersebut sangatlah penting, termasuk mengetahui rahasia di balik Alquran di awali dengan Surat Alfatihah. Beikut penjelasannya.

سورة الفاتحة : افتتح سبحانه كتابه بهذه السورة; لأنها جمعت مقاصد القرآن; ولذلك كان من أسمائها: أم القرآن، وأم الكتاب، والأساس، فصارت كالعنوان وبراعة الاستهلال.

Artinya : “Surat Al-Fatihah ” Allah subhanahu wa ta’ala membuka dengan surat ini, karena surat ini mengumpulkan memuat tujuan-tujuan Al-Qur’an. Dan karena itulah termasuk dari nama-namnya adalah Ummul Qur’an, Ummul Kitab, Al-Asas, maka seakan seperti judul dan baroatul istihlal (istilah dalam ilmu sastra arab/balaghoh).

Untuk itulah salah satu hal yang menjadikan surat Alfatihah tersebut sebagai awal dalam Alquran itu adalah karena memang Al fatihah ummul qur’an / ummul kitab, dan ini sudah ketetapan yang diajarkan nabi saw. Kata ummu di sini bisa diartikan ibu, asal, pangkal, sumber atau induk. Sebagaimana keterangan-keterangan lain menyebutkan:

سورة الفاتحة هي أول سورة في القرآن الكريم، وحسب العقيدة الإسلامية لا تصح صلاة المسلم بدونها، إذ أن قراءتها ركن من أركان الصلاة. وقد سمى نبي الله محمد هذه السورة بأم الكتاب و أم القرآن في عدة أحاديث.

Artinya: ” Surat Alfatihah itu adalah awal dari surat dalam Alquranulkariima dan termasuk dalam aqidah islamiyyah, sebab sholat hukumnya tidak syah apabila tidak dengan surat alfatihah, sebab membacanya itu termasuk pada rukun sholat, bahkan Nabi Muhammad S.A.W menamai surat Alfatihah Tersebut dengan nama Ummul kitab dan Ummul Quran dalam keterangan banyak hadits.

سورة الفاتحة مكية وآياتها سبع بالاجماع وسميت الفاتحة لافتتاح الكتاب العزيز بها فهي اول القرآن ترتيبا لا تنزيلا وهي على قصرها حوت معاني القرآن العظيم واشتملت مقاصده الأساسية بالاجمال فهي تتناول أصول الدين وفروعه، العقيدة، العبادة، التشريع، الاعتقاد باليوم الآخر والايمان بصفات الله الحسنى وافراده بالعبادة والاستعانة والدعاء والتوجه اليه جلّ وعلا بطلب الهداية الى الدين الحق والصراط المستقيم

Artinya: ” Surat Alfatihah itu termasuk pada surat makiyyah yang jumlah ayatnya itu ada tujuh, dinamakan surat Alfatihah sebab awalan daripada Alquran itu adalah surat Alfatihah, dan surat Alfatihah itu menjadi awal dalam tertibnya bukan dari di turunkannya. Dan Alfatihah juga ringkasan surat yang mencakup makna daripada Alquran, sebab didalam surat Alfatiha itu mencakup beberapa maksuda daripada Alquran itu sendiri yaitu Masalah Usuluddin dan furunya seperti masalah Aqidah, Ibadah, Syariat, I’tiqad pada hari akhir, Beriman kepada sifat-sifat Alloh S.W.T, memohon pertolongandan doa, tawajjuh kepada Alloh Ajja Wa Jalla dengan mengharapkan siberikanya hidayah kepada agama yang benar dan jalan yang cepat lurus.

والقرآن نص على : العقيدة والعبادة ومنهج الحياة. والقرآن يدعو للاعتقاد بالله ثم عبادته ثم حدد المنهج في الحياة وهذه نفسها محاور سورة الفاتحة.
العقيدة: الحمد لله رب العالمين، الرحمن الرحيم، مالك يوم الدين
العبادة: إياك نعبد وإياك نستعين
مناهج الحياة: إهدنا الصراط المستقيم، صراط الذين أنعمت عليهم، غير المغضوب عليهم ولا الضآلين.

Itulah jawaban dari rahasia mengapa Alquran itu di awali dengan surat Alfatihah, dan mungkin masih banyak keterangan lainnya yang menerangkan dan memuat penjelasan secara detail. yang mungkin bisa menambahkan supaya lebih jelas dan terperinci sehingga menambah perbendaharaan ilmu-ilmu agama pada kita semua.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
almunawwar.or.id
piss-ktb.com