Keutamaan Bulan Maulud dan Keterangan Kehadiran Ruh Baginda Nabi SAW di Majlis Sholawat

Keutamaan Bulan Maulud dan Keterangan Kehadiran Ruh Baginda Nabi SAW di Majlis Sholawat

Almunawwar.or.id – Bulan Rabiul Awwal atau yang lebih di kenal dengan nama bulan mulud merupakan salah satu bulan yang sangat bersejarah bagi umat Islam di seluruh dunia, dikatakan demikian karena memang pada waktu tersebut dunia gempar dengan lahirnya seorang Nabi mulia yang menjadi penutup kenabian dan kerasulan. Sehingga tidak hanya memberikan nilai peradaban yang berbeda juga kelahirannya tersebut mampu membawa perubahan akhlaq manusia yang signifikan.

Oleh karena itulah sudah menjadi tradisi islam di dunia khususnya di Indonesia datangnya bulan maulid tersebut selalu di sambut dan di isi dengan berbagai amalan ibadah seperti hadirnya majlis maulud dan sholawatan di daerah masing-masing. Momen seperti inilah seolah sudah menjadi ruh umat Islam untuk mengenal lebih jauh dan ddalam sosok seorang Nabi besar Muhammad S.A.W sekaligus menambah rasa kecintaan kita umat Islam kepada beliau.

Lewat adanya peringatan maulid tersebut tentunya tidak hanya bisa berdampak pada sisi kemasyarakatan saja, namun jauh lebih penting adalah menanamkan nilai akhlaq beliau yang begitu mulia dan sempurna terhadap setiap individu umat Islam. Karena semkain kita sering mengingat dengan memperingati kelahirannya, maka semakin menambah rasa mahabbah kita atas semua perjuangan Baginda Rasulallah S.A.W yang menjadi pembawa rahmat bagi seluruh alam.

Dari pada itulah tentu di balik memperingatinya kita terhadap bulan maulud ada keutamaam-keutamaan tertentu yang bisa di ambil hikmahnya, bahkan menurut keterangan menyebutkan bahwa ruhnya baginda Nabi itu hadir di majlis maulud dan sholawat. itulah salah satu hal yang membuat bulan rabiul awwal merupakan moment yang tepat untuk kita lbih khusus bagi anak cucu turunan kita supaya lebih mengetahui silsilah dan sejarah Nabi yang hukumnya adalah wajib.

قال الامام السيوطي رحمه الله: قد تحصل من مجموع الاحاديث ان النبي صلى الله عليه وسلم حي بجسده وروحه وانه يتصرف حيث شاء في اقطار الارض والملكوت وهو بهيبته التي كان عليها قبل وفاته، وانه يغيب عن الابصار كما غيبت الملائكة، فاذا اراد الله رفع الحجاب عمن اراد كرامته برؤيته رآه على هيئته.

Imam suyuthi berkata: benar-benar bisa ditarik kesimpulan dari hadits-hadits yang sudah terkumpulkan, bahwa Nabi Muhammad Saw adalah HIDUP dengan JASAD dan RUHnya,, dan beliau bertashorruf/berbuat apapun yang Beliau inginkan di seluruh penjuru bumi dan langit,, dan haibah, kewibawaan, keadaan Beliau masih sama persis seperti sebelum wafat,, dan Beliau tidak terlihat oleh mata sama seperti para malaikat,, akan tetapi sebagian dari hamba2 Allah yabg diberi kemuliaan dan ke khususan akan dibukakan hijab/penutupnya oleh Allah ta’ala sehingga bisa melihat Nabi Muhammad Saw secara terjaga/langsung.

Berikut yang ditulis oleh Sayyid Ahmad al Barzanji sebagaimana dalam risalah-risalah yang ditulis setelah kitab An Ni’matul Kubra ‘alal ‘Aalam Fi Maulidi Sayyidi Waladi Aadam halaman 64-65:

اعتقاد قدوم روحه صلى الله عليه وسلم من عالم الارواح إلى عالم الشهادة وحضوره في المجالس التي يذكر فيها لا باس بأس به في الدين ولا بعد في وقوعه لأنه صلى الله عليه وسلم وإن كان جسده المقدس في قبره الكريم بالمدينة المنورة لكنه حي في قبره وروحه المقدسة كالشمس المنيرة لجميع الآفاق مشارقها ومغاربها وقد ثبت عن كثير من أهل الكشف اجتماعهم به صلى الله عليه وسلم يقظة وأخذهم العلوم والحكم عنه بلا واسطة مع فناء ديارهم فلا يبعد أن تحضر روحه المقدسة عليه الصلاة والسلام في كل مجلس يذكر فيه وإن كان في مواضع كثيرة وبلدان متباعدة وهو أمر مسلم عند أهل الذوق الصحيح الكرام ويشهد بصحة ذالك ما ثبت في قصة المعراج من أنه صلى الله عليه وسلم اجتمع بالأنبياء في بيت المقدس ثم لما عرج به إلى السموات اجتمع بآدم ويحيى وعيسى وموسى وإبراهيم وغيرهم ومما يقرب ذلك القول أن ملك الموت الموكل لقبض الأرواح يتولى قبض أرواح من يموت في ساعة واحدة في مشارق الأرض ومغاربها وشمالها وجنوبها وهو ملك واحد بنص قوله تعالى :قُلْ يَتَوَفَىكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ السجدة

Dari adanya eterangan tersebut bisa di maknai dan di pahami begitu pentingnya kita bersholawat atas baginda Rasulallah S.A.W di majlis-majlis terlebih pada bulan rabiula awwal yang merupakan bulan kelahiran baginda Rasulallah S.A.W. Juga Bulan Rabiul Awal tergolong mulia karena di dalamnya terdapat sejarah kelahiran manusia paling mulia di muka bumi. Kenapa Rasulullah tak dilahirkan di bulan Muharram, Rajab, Ramadhan, atau bulan-bulan yang dimuliakan syariat? Sayyid Muhammad ibn Alawi Al Maliki dalam kitabnya adz-Dzakhâir al-Muhammadiyyah menjelaskan, Nabi Muhammad tidak mulia karena sebab masa atau waktu. Namun justru masa atau waktu itulah yang menjadi mulia sebab Nabi Muhammad lahir. Artinya, Nabi-lah yang mengangkat derajat bulan tersebut, bukan sebaliknya

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat

Sumber:
piss-ktb.com
nu.or.id
almunawwar.or.id