Makalah Seputar Syarat Menjadi Khatib Jumat dan Kaifiat Syarat Khutbah

Gambar Makalah Seputar Syarat Menjadi Khotib Jumat dan Kaifiat Syarat Khutbah

Almunawwar.or.id – Pada ketentuannya ketika seorang muslim akan melaksanakan sebuah amalan ibadah itu harus mnegtahui pasti segala hal yang menjadi syarat syah dalam pengamalannya, termasuk salah satunya adalah ketika seseorang akan menjadi khotib juga dari pelaksanaan ibadah khutbah tersebut.

Dalam hal ini di tinjau dari segi hukum fiqih, dimana para ulama ahli Fuqoha memberikan keterangan secara detail tentang pengertian penting mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah jum’at khususnya bagi seorang yang di tunjuk dan di percaya untuk menjadi seorang khotib.

Sebab bisa jadi dan sahnya sebuah amalan ibadah itu jika dalam segi syarat syahnya terpebuhi sebelum melaksanakan pada bagian fardhiyyah (rukun) nya saja, sebagaimana pendapat yang di jelaskan oleh Imam Syafi’i tentang keharusan mengenai syarat menjadi khotib dan tata cara pelaksanaan ibadah jumat. Berikut penjelasannya.

Dalam dua keterangan yang terdapat pada kitab Al-Fiqh alaa Madzaahib al-Arba’ah juz I halaman 610 di sebutkan:

الشافعية قالوا… أن يكون الخطيب متطهرا من الحدثين ومن نجاسة غير معفو عنها أن يكون مستور العورة في الخطبتين : أن يخطب واقفا إن قدر فإن عجز صحت الخطبة من جلوس أن يجلس بين الخطبتين بقدر الطمأنينة فلو خطب قاعدا لعذر سكت بينهما وجوبا بما يزيد عن سكتة التنفس وكذا يسكت بينهما إن خطب قائما وعجز عن الجلوس أن يجهر بحيث يمكنه أن يسمع الأربعين الذين تنعقد بهم الجمعة أركان الخطبتين أن يكون الأربعون سامعين ولو بالقوة أن تقعا في مكان تصح فيه الجمعة أن يكون الخطيب ذكرا أن تصح إمامته بالقوم أن يعتقد الركن ركنا والسنة سنة إن كان من أهل العلم وإلا وجب أن لا يعتقد الفرض سنة وإن جاز عكس ذلك

Artinya : Kalangan Syafi’iyyah menyatakan syarat-sarat menjadi khotib:
1. Suci dari dua hadats dan najis yang tidak dima’fu (diampuni)
2. Menutup auratnya dalam dua khutbah
3. Khutbah dengan berdiri bila mampu dan duduk diantara dua khutbah sekedar ukuran thuma’ninah, bila ia khutbah denga duduk karena danya udzur maka pisahkan khubah dengan diam seukuran melebihi dari diamnya orang mengambil nafas begitu juga pisahkan dengan diam bila ia mampu berdiri saat khutbah tapi tidak mampu duduk diantara kedua khutbahnya
4. Mengeraskan khutbahnya sekira dapat didengarkan oleh jamaah jumah 40 orang yang dapat menjadikan terhitungnya keabsahan jumat…
5. Laki-laki
6. Sah menjadi imam shalat bagi suatu kaum
7. Meyakini rukun dalam khutbah menjadi rukun dan sunahnya menjadi sunnah bila ia memiliki pengetahuan bila tidak asalakan tidak meyakini wajibnya khutbah menjadi sunnah.

– Matan Safiinah an-Najaah I/8 :

(فصل) شروط الخطبتين عشرة : الطهارة عن الحدثين الأصغر والأكبر والطهارة عن النجاسة في الثوب والبدن والمكان وستر العورة والقيام على القادر والجلوس بينهما فوق طمأنينة الصلاة والموالاة بينهما وبين الصلاة وأن تكون بالعربية وأن يسمعها أربعون وأن تكون كلها في وقت الظهر

Artinya: ” Syarat-syarat khutbah
1. Suci dari dua hadats baik kecil maupun besar
2. Suci dari najis baik pakaian, badan dan tempatnya
3. Menutup aurat
4. Berdiri bagi yang mampu
5. Duduk diantara dua khutbah seukuran melebihi thuma’ninahnya shalat
6. Terus-menerus diantara dua khubah dan diantara shalat
7. Berbahasa arab
8. Diperdengarkan 40 orang
9. Semua khutbahnya di waktu dzuhur.

Itulah sebabnya mengapa masalah syarat sah dalam ibadah harus di ketahui betul oleh seseorang, dikarenakan adanya hukum syah dan jadi sebuah rukun dalam ibadah itu jika dalam masalah syarat syahnya bisa terpenuhi, sebagai contohnya adalah wudhu menjadi syarat sah dalam pelaksanaan sholat ataupun yang sederajatnya.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id