Makna Dan Perbedaan Kalimah Walad, Ibnun, Bintun Dan Akhwat

Makna Dan Perbedaan Kalimah Walad, Ibnun, Bintun Dan Akhwat

Almunawwar.or.id – Pada ketentuannya istilah yang terdapat dan sering didengar dari pemberian nama seperti walad, bintun, bintun dan juga akhowat yang semuanya merujuk pada seorang anak laki-laki ataupun anak perempuan itu sangat berpengaruh pada ketetapan yang ada pada sebuah hukum salah satunya yang bersangkutan pada Faroidh (Ilmu waris).

Karena meskipun secara makna dan arti itu di tujukan pada seorang anak laki-laki ataupun perempuan, namun ada makna dan tujuan tersebut terutama yang ada pada bab waris itu sendiri. Sehingga dengan adanya ketetapan tersebut apa yang sudah ditetapkan dalam bab waris sesuai dengan keharusannya.

Lebih penntingnya lagi bisa di pahami, di mengerti dan juga di terima oleh semua pihak yang terlibat pada pembagian hak waris itu. Dari permasalahan ini maka lahirlah tiga pertanyaan penting yang memang harus secara detail dijawab dengan penjelasan sebagai berikut.

1. Apa perbedaan antara walad dan ibnun? Jawabannya kata Walad itu syumul atau meliputi anak laki laki dan anak perempuan, sedang Kata IBNUN khusus untuk anak laki laki, seperti yang ada pada

فالفرق بين الولد والابن هو: أن الولد يشمل الذكر والأنثى، قال الله تعالى: يُوصِيكُمُ اللّهُ فِي أَوْلاَدِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الأُنثَيَيْنِ

Arrtinya ” Perbedaan amatara walad dan ibnun yaitu walad meliputi anak laki-laki dan perempuan seperti yang ada pada firman Alloh S.W.T yang artinya “Allah mensyari’atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan.”

Ataupun contoh yang terdapat pada lanjutan surat Annisa ayat sebelas itu yang berbunyi:

وَلأَبَوَيْهِ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا السُّدُسُ مِمَّا تَرَكَ إِن كَانَ لَهُ وَلَدٌ فَإِن لَّمْ يَكُن لَّهُ وَلَدٌ وَوَرِثَهُ أَبَوَاهُ فَلأُمِّهِ الثُّلُثُ

Artinya : “Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga.”

أما الابن فإنه خاص بالذكور، ومقابله لفظ البنت فلا يطلق إلا على الأنثى. 3. من الإعجاز فى القرآن
الفرق بين كلمة أخوة و كلمة أخوان

Adapun yang di maksud untuk ibnun adalah dikhususkan untuk anak laki-laki saja, adapun lapadz yang muqobalah ( sama kedudukannya) itu adalah lapadz Bintun yang tidak di itlaqkan (ditujukan) terkecuali untuk anak perempuan.

Banyak contoh ayat-ayat Alquran yang menjadikan kedua kalimah ibnun dan ibnatun seperti yang ada pada beberapa ayat berikut ini.

2. Apa perbedaan antara ikhwah dan akhowat?

و بملاحظة كلمة إخوان تأتى لتكون الإخوة من النسب و كلمة الإخوان تأتى لتكون الإخوة من غير النسب ثم تأتى كلمة إخوة فى موضع آخر لتخالف هذه القاعدة و يقول رب العزة : { إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ } لكى تزيد الإخوة الإيمانية و لتقوى العلاقة بين المؤمنين لتكون كأخوة النسب

Artinya: “Titik perbedaan dari kata ikhwan dan ahkowat adalah kalimah ikhwan itu terkadang bisa menjadi akhowat dari sgi nasab (turunan) dan juga kalimah ikwan terkadang mempunyai makna akhowat yang di gunakan pada bukan nasab, Selanjutnya terkadang ada kalmiah akhowat ditujukan pada kaidah tempat semestinya karena ada ketentuan dan faidah tertentu seperti yang terdapat pada ayat “Innamal Mukminuuna Ikhwatun.

Ataupun yang terdapat pada ayat

قال تعالى : { إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورا } الإسراء 27

Artinya : “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id