Manfaat Fadhilah Hikmah Dari Silaturahmi Serta Hukum Memutuskannya

Manfaat Fadhilah Hikmah Dari Silaturahmi Serta Hukum Memutuskannya

Almunawwar.or.id – Ada banyak manfaat penting di balik pengamalan shilaturahiim ataupun shilaturahmi, dimana selain bisa menguatkan tali persaudaraan dan ukhwah islamiyyah yang kuat, Shilaturahmi juga merupakan salah satu dari sekian banyak amalan ibadah yang di anjurkan.

Sehingga sangat penting sekali untuk bisa memaknai arti kata dan tujuan dari pada shilaturahmi tersebut, terlebih untuk saat ini banyak momen-momen penting dalam mengadakan dan menyelenggarakan acara shilaturahmi itu seperti adanya Re Uni alumni yang di adakan di beberapa lembaga pendidikan saat ini.

Karena dengan saling kita bisa mengunjungi ataupun datang ke tempat yang di maksud dan di tentukan itu adalah bagian dari pada wujud ingin memperat dan memperkuat tali shilaturhami itu, apalagi orang yang di kunjunginya tersebut tempat ataupun orang yang mulia seperti guru dan pondok pesantren.

Tentu banyak manfaat dan hikmah yang bisa di dapatkan bagi seseorang yang selalu menjaga keutuhan dari pada shilaturahmi itu, di samping bisa bertemu kembali dengan sahabat lama juga terdapat ilmu-ilmu yang bermanfaat di balik pertemuan dan obrolan dalam shilaturahmi tersebut.

Dan makna inilah yang seyogyanya bisa kita jadikan sebagai nilai dari pada pengabdian kepada seseorang ataupun lembaga yang pernah mengajari dan memberikan kita semua akan ilmu-ilmu yang bermanfaat sehingga msmpu kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu apa manfaat, hikmah serta keunggulan yang terdapat dari shilaturahmi itu? Berikut landasan dalil yang di ambil dalam keterangan Alquran dan Alhdits, Dimana Allah S.W.T telah menyeru hambanya berkaitan dengan menyambung tali silaturahmi berdasarkan ayat:

وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَآءَلُونَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An Nisaa’ 4:1).

Untuk itu memperpanjang dan juga mempererat shilaturahmi itu jauh lebih bernilai lagi dalam memupuk jiwa kesosialan dan juga dalil dan tanda kedermawanan serta ketinggian akhlak seseorang. Bahkan Silaturahim juga termasuk pada akhlak yang mulia yang sangat dianjurkan dan diseru oleh Islam.

Dan salah satu seruan untuk tetap menjaga tali shilaturahmi itu adalah keterangan hadits yang di riwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda :

بَلُوْا أَرحَامَكُمْ وَلَوْ بِالسَّلاَمِ

Artinya: “Sambunglah keluargamu meskipun dengan salam.” (H.R Thobroni)

Meskipun hanya dengan lewat ucapan ataupun perkataan, Namun Islam tetap menjaga dan menilainya sebagai salah satu cara kuat dan tepat bagi seorang muslim yang memelihara persatuan dan kesatuan yang di bangun dari pada keberlangsungan shilaturahmi tersebut.

Meluangkan waktu untuk bisa berkunjung satu sama lain tentunya bisa mengingatkan kembali akan indahnya kebersamaan, pengukuhan persatuan juga menjaga keutuhan shilaturahmi tersebut dengan datang langsung ke tempat ataupun orang yang akan di kunjunginya itu jauh lebih real dan indah lagi.

Meskipun nampaknya salah satu sebab utama yang menghalangi kita bersilaturahim itu karena buruknya pengaturan dan manajemen waktu. Atau karena kita kurang begitu mengerti besarnya dosa memutus silaturahim. Kemudian dengan kesibukan yang berlebihan dalam kehidupan dunia.

Sehingga kita mendapati seseorang bekerja pada pagi hari. Setelah itu menyibukkan diri dengan pekerjaan lain pada sisa harinya. Padahal sudah berkecukupan dalam hal rizki. Lantas, mengabaikan hak-hak keluarga, anak-anak, kedua orang tua dan kerabatnya dan hak lainnya.

Ketahui dan yaqinilah bahwasanya “barangsiapa yang menyambung shilarurahmi tersebut, niscaya Allah Ta’ala akan berhubungan dengannya. Dan barangsiapa memutuskannya, maka Allah pun akan memutuskan hubungan dengannya. Untuk itulah jaga keutuhan shilaturahmi tersebut.

Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: :Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (H.R Bukhori)

Hadits yang agung ini memberikan salah satu gambaran tentang keutamaan silaturahmi. Yaitu dipanjangkan umur pelakunya dan dilapangkan rizkinya. Semoga kita senantiasa di berikan kekuatan untuk menjaga nilai shilaturahmi tersebut.

Keunggulan Shilaturahmi
1. Merupakan nilai konsekuensi iman kepada Allah S.W.T
2. Dipanjangkannya umurdan diluaskan rizqinya
3. Senantiasa terhubung dengan Allah S.W.T
4. Salah satu penyebab masuk surga dan dijauhkan dari neraka
5. Merupakan bentuk dari pada ketaatan kepada Allah S.W.T
6. Pahalanya itu seperti memerdekakan budak (Abid dan Amat)
7. Bersedekah terhadap keluarga sendiri tidak seperti sedekah terhadap orang lain

Memutus tali silaturahmi hukumnya haram dan termasuk dosa besar
1. Mendapatkan laknat Allah
2. Hukumannya di percepat di dunia
3. Tidak bisa masuk syurga
4. Amalannya tidak diterima
5. Tidak mendapatkan pembebasan dari neraka di malam nisfu sya’ban
6. Dirubah menjadi kera dan babi, di hujani batu seperti kaum luth, di hancurkan oleh angin yang menyakitkan seperti kaum ‘Aad dan ditelan oleh bumi
7. Tidak bisa mencium bau syurga yang bisa tercium sejauh jarak 1000 tahun
8. Rahmat tidak turun kepada kaum yang di dalamnya terdapat pemutus silaturahmi
9. Malaikat rahmat tidak turun kepada kaum yang di dalamnya terdapat pemutus silaturrahmi
10. Langit terkunci dan doa tidak bisa naik

عن جابر رضي الله عنه قال : « خرج علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم ونحن مجتمعون فقال : يا معشر المسلمين اتقوا الله وصلوا أرحامكم فإنه ليس من ثواب أسرع من صلة الرحم ، وإياكم والبغي فإنه ليس من عقوبة أسرع من عقوبة بغي ، وإياكم وعقوق الوالدين فإن ريح الجنة يوجد من مسيرة ألف عام والله لا يجدها عاق ولا قاطع رحم ولا شيخ زان ولا جار إزاره خيلاء إنما الكبرياء لله رب العالمين

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
almunawwar.or.id
piss-ktb.com