Mengapa Fungsi Hati Tidak Beraktif Dinamis Sebagaimana Mestinya?

Mengapa Fungsi Hati Tidak Beraktif Dinamis Sebagaimana Mestinya?

Almunawwar.or.id – Tentu bagi setiap individu manusia tidak terkecuali bagi orang muslim yang beriman masalah kebahagiaan hati menjadi salah satu tujuan dan harapan yang memang selama ini di perjuangkan dan selalu senantiasa ingin dirasakan dalam segala aspek kehidupan.

Karena dengan hati lah semua fungsi dari organ badan ini bisa bergerakm dengan hati pula yang merupakan motivator untuk bisa dan berani melangkah dalam berbuat sesuatu. Dan dengan hati pula semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh anggota tubuh lainnya.

Sehingga bisa dikatakan hati merupakan mobilitas utama bagi setiap insan dalam mengerjakan dan mengamalkan apa yang selama ini menjadi tujuan hidup, untuk itulah mengapa niat adanya di dalam hati? Dan mengapa pula fungsi hati seolah tidak beraktif dinamis sebagaimana mestinya?

Maka di sinilah perlu mengetahui prospek yang memang sangat mempengaruhi kekuatan dan daya tahan hati seorang insan sebagai sebuah penawar yang kelak menerangi jiwa hati dan keimananan seseorang tentunya. Sekaligus menjadi kiat tersendiri untuk mewujudkan semua itu salah satunya dengan penawar hati, sebagaimana yang di utarakan oleh syeikh sayyid jalil Radiyallohu ‘Anhu, beliau berkata :

قال السيد الجليل صاحب الكرامات والمعارف ، والمواهب واللطائف ، إبراهيم الخواص رضي الله عنه : دواء القلب خمسة أشياء : قراءة القرآن بالتدبر ، وخلاء البطن ، وقيام الليل ، والتضرع عند السحر ، ومجالسة الصالحين.

Artinya : Sayyid al-Jaliil Ibrahiim al-Khowwaash berkata, Penawar hati ada lima:
1. Membaca alQuran dengan penuh perenungan
2. Mengosongkan perut dengan berpuasa
3. Mengisi malam dengan aneka pengabdian
4. Merendahkan diri pada Sang Pencipta Alam disepertiga malam
5. Bergaul dengan orang-orang shalih dan pilihan

Keterangan dari rekomendasi tersebut bisa di lihat pada syarah kitab Al-Adzkaar juz I halaman 107, bahkam ada kiat-kiat khusus bagi seorang insan untuk menggapai ketenangan dan fungsi hati yang sesungguhnya, seperti dengan melakukam serangkaian amalan dan aktivitas seperti:

1. Basuh jasadmu dengan mandi
2. Sucikan jasadmu dengan wudhu
3. Jernihkan hatimu dengan istighfar
4. Cerahkan jiwamu dengan taubat
5. Enyahkan gelap hatimu dengan cahaya zikir
6. Lenyapkan kegalauanmu dengan merenung kemahabesaran allah
7. Diantara khouf dan rojaa ada citarasa cinta tiada tara

Sehingga dengan cara mengamalkan amalan seperti itu, washilah aau perantara dari permasalahan mengapa fungsi hati tak beraktif dinamis sebagaimana mestinya? Maka jawabannya adalah karena gelap pekat nista dosa kemaksiatan dahsyat membuat hati rebah terkulai di injak-injak nafsu dlm diri, untuk itu Kalahkan nafsu.. bangkitlh n taklukan nafsu dlm diri, insya alloh fungsi hati bisa di ketemukan dan di rasakan kembali.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id