Peran Pondok Pesantren dengan Sanad Keilmuan Islam dunia

Peran Pondok Pesantren dengan Sanad Keilmuan Islam dunia

Almunawwar.or.id – Keberadaan lembaga pendidikan penting seperti Pondok Pesantren inilah sangatlah berperan besar untuk menciptakan warga negara yang bermartabat. Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi saat ini yang tentunya sangat dibutuhkan benteng dan tameng untuk bisa menfilter semua hal yang bisa merusak keutuhan, kerukuan kehidupan berbangsa, bernegara dan tentunya beragama.

Selain itu juga Pondok pesantren sangat berperan aktif dalam membangun karakter dari jiwa-jiwa bangsa indonesia ini, mulai dari masa-masa perjuangaan sampai dengan nikmatnya keagungan kemerdekaan ini. Peran inilah yang sesungguhnya sangat di rindukan oleh masyarkat luas seperti sekarang ini, mengingat Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mampu membentuk kader-kader bangsa yang bermartabat dan terdidik.

Termasuk untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan cita-v=cita leluhur bangsa ini untuk meraih predikat terbaik sebagai salah satu negara yang adil, makmur dan pastinya Baldatun Thoyyibatun Wa robbun Ghofur. Untuk itu hubungan antara pesantren dengan sanad ilmu nusantara merupakan sebuah kajian yang penting bagi umat ini untuk mengetahui peran pesantren yang meliputi.

Pertama pesantren untuk pendidikan agama/akhlak (tafaqquh fiddin)
Dalam hal ini nutu pendidikan pesantren sangat menentukan sekali dalam membentuk jiwa seorang hamba yang mampu berjiwa sosila tinggi, berilmu amaliyah dan beramal ilmiyah, yang di aplikasikan pula pada semua tatanan kehidupan mulai dari diri pribadi, masyarakat luas sampai dengan ketika menjadi warga negara yang baik.

Pengukuhan ini tentunya didapatkan dari penerapan metode pelajaran dan pembelajaran yang ada di setiap pondok pesantren sebagai sentral pendidikan dalam membangun akhlaq yang mulia dan bermartabat. Dan makna inilah yang menjadikan istilah Tafaqqahu Fiddin lebih terealisasikan lagi.

Kedua pesantren sebagai penguat agama dan bahasa Asing (modern)
Selain mahir dalam mengusaai bahasa ataupun literasi bahasa arab pesantren juga merupakan lembaga yang mampu menerapkan pendidikan formal yang meliputi penguasaan bahasa asing sebagai bahasa internasional. Karena bagaimana pun juga Islam merupakan agama yang rahmatan Lil’alamin.

Untuk itu sangat dibutuhkan sekali peran yang mendukung dan menunjang terhadap lahirnya muslim-muslim yang moderat dan mampu bersaing di dunia internasional, sekaligus menjadi modal kuat untuk tetap berkompetisi dalam mengarungi intensitas yang tinggi dari gejolak kemajuan teknologi modern seperti sekarang ini.

Ketiga pesantren persiapan kompetisi global dengan dunia Barat (Islam dan sains)
Tentu sangat di buthkan sekali untuk mencetak kader muslim yang cerdas baik secara pribadi maupun secar umum, guna bisa mempersiapkan diri untuk bisa berbicara banyak dalam persaingan kuat dengan dunia barat pada khususnya. Dalam hal ini tentang ilmu teknologi dan sains.

Sanad keilmuan melalui pesantren semacam itu sangat penting saat ini di tengah budaya pragmatisme umat yang hanya belajar melalui google tanpa mau belajar langsung dengan para kiai atau guru yang mempunyai sanad keilmuan yang tersambung dengan Nabi Muhammad SAW.

Di situlah salah satu pentingnya memilih pesantren yang mempunyai sanad keilmuan yang jelas, bukan semata-mata hanya untuk kepentingan kompetisi global, tetapi juga tafaqquh fiddin tetap dijaga agar senantiasa menjadi panutan semua umat dalam menselerasikan kerukunan yang lahir dari sebuah lembaga pendidikan.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.