Pesantren Bantargedang Mewakafkan H. Asep Hidayat, S.Ag Masuk Parlemen

almunawwar.or.id – Pondok Pesantren Bantargedang merupakan Pesantren Besar yang berdiri sudah hampir Se-abad. Dibalik kebesarannya Pondok Pesantren Bantargedang ini tidak lain salah satunya yang paling besar dari usaha Pendirinya yaitu KH. Muhammad Ruhiat (Alm) atau yang lebih dekenal dengan sebutan “Mama Bantargedang”.

Almarhum lahir pada tahun 1923 – wafat tahun 1992 di Tanah Suci Mekkah saat beribadah Haji, Almarhum dimakamkan di Mekkah. Dalam Fii Sabiilillahnya mengelola Pesantren Bantargedang almarhum ditemani seorang istri yaitu HJ. Amas Maesyaroh (Alm) wafat pada tahun 2014. Almarhum dikaruniai 7 (Tujuh) orang anak terdiri dari empat orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan.

Kontribusi pesantren ini untuk Agama dan Bangsa sudah tidak diragukan lagi, dilihat dari banyak nya alumni yang mencapai ratusan ribu. Maka tak heran alumni Pondok Pesantren Bantargedang tersebar di seluruh pelosok negeri khususnya di Jawa Barat.

Santri yang menuntut ilmu datang dari berbagai penjuru daerah bahkan banyak yang dari luar Provinsi Jawa Barat, sehingga Pondok Pesantren Bantargedang sudah terkenal juga dari Sabang sampai Merauke. Dengan harapan, do’a yang mereka dapat dari Pondok Pesantren Bantargedang dapat bermanfa’at bagi agama dan bangsa, dengan mengamalkan ilmunya bagi masyarakat terutama dalam memperkuat aqidah, memperbaiki akhlak dan moral yang sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Dari sudut lain, kita bisa melihat bahwa dalam setiap momen-momen pesta demokrasi pesantren ini turut serta aktif dalam menyukseskan nya, termasuk dalam kontestasi pemilihan legislatif 2019 ini. Dengan bekal dorongan keluarga dan kekompakan alumni putra bungsu Pesantren Bantargedang ini yaitu H. Asep Hidayat, S.Ag, di dorong untuk mewakafkan diri menjadi anggota DPD RI dapil Jawa Barat.

H. Asep Hidayat, S.Ag yang sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Tasikmalaya priode 2004-2014, menduduki rangking 3 yang mendapatkan suara terbanyak dari 50 calon lainnya, dan berhasil menjadi satu-satunya dari priangan timur yang lolos ke Senayan.

Raihan itu terlihat dari hasil rapat pleno penetapan dan rekapitulasi pemilu 2019 di tingkat KPU Provinsi Jawa Barat. Oni meraih 4.132.681 suara diposisi kedua di isi oleh Amang Syafrudin yang meraih 1.410.880 suara, kemudian di posisi ketiga di isi oleh H. Asep Hidayat, S.Ag putra bungsu KH. Muhammad Ruhiat (almarhum), pendiri Pondok Pesantren Bantargedang, Tasikmalaya dengan raihan 1.007.653 suara. Sementara di posisi ke empat di isi oleh Eni Sumarni mendapatkan 920.044 suara.

dpd ri dapil jabar 2019

H. Asep Hidayat, S.Ag sendiri memiliki Visi Mewujudkan Jawa Barat Sebagai Provinsi Termaju dan Sejahtera. Yang Berbanding Lurus dengan Rakyatnya yang Agamis, Berpendidikan, Berbudaya dan Bermoral.

Penulis: Muhamad Asep Ramdan Al-Qusaeri