Rahasia Di Balik Berdoa Dengan Yang Diawali Basmalah dan Sholawat

Rahasia diBalik Berdoa Dengan Yang Diawali Basmalah dan Sholawat

Almunawwar.or.id – Terdapat ketentuan dan tata cara terbaik dalam melaksanakan amalan berdoa yang senantiasa harus diketahui dan dijalani oleh setiap muslim, Karena doa adalah ruh dan senjata orang muslim, untuk itu melakukannya dengan sebaik mungkin adalah bagian dari amalan terbaik dalam melaksanakan berdoa itu.

Apalagi dalam ketentuan adab dan tata cara berdoa yang di awali dengan membacakan basmalah dan sholawat begitu pula dengan fujian itu sudah ada keterangan yang menrangkan akan keunggulannya, untuk itulah jika akan berdoa, maka senantiasa mengetahui tata cara dan adab-adab terbaiknya sesuai dengan anjuran sunnah.

Dan yaqinkanlah semua doa itu pasti terkabul, hanya saja cepat atau lambatnya itu melihat akan kemaslahatan kita semua. Karena Alloh S.W.T itu maha tahu dari apa yang selama ini menjadi rahasianya dan yang terbaik bagi seorang hambanya.

Untuk itu menjalankan apa yang di anjurkan baik yang diterangkan dalam Alhadits maupun dalam Alquran tentang bagaimana cara terbaik dalam berdoa itu adalah bagian dari wujud nyata dari betapa sangat butuhnya kita semua sebagai hamba terhadap bimbingan dan petunjuk dariNYa.

Dalam sebuah keterangan hadits menyebutkan bahwasannya berdoa yang di awali dengan basmalah serta sholawat itu tidak akan tertolak, dalam artian doa itu akan terkabulkan. Berikut redaksi yang memuat akan penjelasan itu yang terdapat pada kitab لمحات الأنوار:1/477.

وعن سعيد بن جبير عن ابن عباس قال: أول ما نزلت: {بسم الله الرحمن الرحيم} على سليمان بن داود عليه السلام ليفتح به الدنيا ويذل بها الملوك، وهي قراءة أهل السموات، ثم رفعت فأنزلت على محمد صلى الله عليه وسلم في سورة النمل، فكانت فتحًا عظيمًا على رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فإذا قرأتموها فمدوها، فإنها هي العزيزة، وإذا كتبتموها فاقرأوها، فإنها هي الشافية من كل داء، وما تقدمها شيء من الكلام. فجعلت افتتاحًا لكل مبهم ولن يرد دعاء أوله: بسم الله الرحمن الرحيم.

Artinya: “Telah datang dalam Raghaaib al-Quran milik al-Habiib as-Salmy, dari Sa’id Bin Jubair dari Ibn Abbas ra, ia berkata “Pertama kali diturunkannya BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM pada Nabi Sulaiman Bin Daud As terbukalah dunia dan para Malaikat merendahkan diri, ialah bacaan penduduk langit, kemudian ia diangkat dan diturunkan pada Nabi Muhammad SAW dalam surat an-Naml, maka ia menjadi pembuka yang agung bagi Muhammad SAW, maka saat kalian membacanya perpanjangkanlah karena ia adalah yang mulia, saat kalian menulisnya maka bacalah karena ia adalah penawar setiap penyakit, dan sebuah pembicaraan tidak diawali dengan selainnya, maka ia dijadikan pembuka setiap yang samar, dan tidak tertolak doa yang permulaannya BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM”.

Begitu pula dengan keterangan hadits lainnya yang menjelaskan hal yang sama tentang tidak akan di tolaknya doa yang di awali dengan membacakan basmalah dan sholawat, berikut redaksinya:

وقال النبي صلى الله عليه وسلم:(لا يرد دعاء أوله: {بسم الله الرحمن الرحيم}

Artinya: “Nabi SAW bersabda “Tidak tertolak doa yang awalnya adalah Bismillahirohmainrrohiim”.

Dua keterangan tadi menguatkan bahwa begitu pentingnya bacaan basmalah pada setiap amalan termasuk dalam berdoa. sebab isi dan makna dari basmalah tersebut adalah memohon ampun dan perlindungan kepada Alloh S.W.t seraya mengucapkan kalimah indah dari namanya yang begitu sangat indah.

Aapalgi jika melihat dan melirik rahasia-rahasia yang ada pada Basmalha itu sendiri, jangankan satu kalimah, satu hurup yaitu hurup “Ba” pada basmalah itu mengandung arti yang begitu luas dan indah. Sebagaimana yang telah diterangkan pada kitab-kitab yang di kaji di Pondok Pesantren.

Begitu pula dengan sholawat yang makna, rahasia, hikmah serta anjuran untuk membacakannya itu sangatlah besar, bahkan tidak hanya seorang manusia saja, akan tetapi Alloh dan para malaikatnya senantiasa bersholawat atas baginda Rasululloh S.A.W. sebagaimana yang diterangkan pada ayat Alquran.

Maka sangat pantas sekali apabila rahasia dari kedua kalimah tersebut yaitu basmalah dan sholawat ada pada serangkaian doa yang terpanjatkan itu sebagai tanda bahwa begitu besarnya rahasia yang terkandung didalamnya. Hal ini dijelaskan dalam keterangan lain dengan tautannya sebagai berikut.

حدثنا أبو داود سليمان بن سلم البلخي المصاحفي أخبرنا النضر بن شميل عن أبي قرة الأسدي عن سعيد بن المسيب عن عمر بن الخطاب قال : إن الدعاء موقوف بين السماء والأرض لا يصعد منه شيء حتى تصلي على نبيك صلى الله عليه و سلم

Artinya: “Sesungguhnya doa berhenti antara langit dan bumi, tidak naik darinya satu apapun sehingga engkau membaca shalawat atas Nabi engkau shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Itulah sedikit penjelasan akan pentingnya membacakan basmalah dan sholawat pada awal berdoa, Sehingga bisa di maknai dengan pasti oleh kita semua terhadap kehebatan daripada basmalah dan sholawat.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
almunawwar.oe.id
piss-ktb.com