“Santri Siaga Jiwa dan Raga” Semangat Santri Untuk Bangsa dan Negara

Santri Siaga Jiwa dan Raga Semangat Santri Untuk Bangsa dan Negara

Almunawwar.or.id – Sebuah dedikasi penting dalam pemaknaan arti seorang santri yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, Sisi kepribadian santri yang di bekali dengan ahlaq dan budi pekerti luhur merupakan salah satu pencerminan bagi semua kalangan, Sejatinya seorang santri itu tidak hanya pintar dalam soal mengaji akan tetapi mampu menjaga ruh-ruh islami lewat akhlaq mulia dan budi pekerti tentunya sehat rohani dan jasmani.

Peran santri di tengah masyarakat itu sangat penting sekali, Mengingat santri tidak hanya sebagai penerus para Ulama dan kiayi akan tetapi seorang santri juga harus bisa mengambil peran dan posisi yang wasathon untuk semua kalangan, tidak mengadah ke atas, tidak sebelah ke kanan kiri dan tidak pula terlalu tunduk ke bawah, Harus bisa seimbang dan menyemimbangi kultur dan kebiasaaan masyarkat luas setempat.

Kesehatan seorang santri baik secara fisik maupun fsikis itu sangat berpangruh sekali terhadap dunia pendidikan agama khususnya, terlebih untuk menciptakan re generasi muda islam yang tentunya sangat di harapkan sebagai ujung tombak dalam menjaga persatuan dan kesatuan umat, menjaga kebhinekaan, memelihara persaudaraaan dan menjadikan sebuah perbedaan adalah rahmat bagi semua insan, Sehingga tercapailah cita-cita bangsa dan kebangsaan.

Siap berkorban untuk Agama dan Negara, menempatkan jiwa raganya sebagai bagian penting dalam menjaga keutuhan dan kedamaian negeri, Santri harus mempunyai cita-cita tinggi, meskipun hidup di sebuah lembaga PonPes yang suci, Namun secara pemikiran itu harus seluas ketika seseorang memandang birunya langit yang begitu luas dan sedalam birunya lautan yang begitu dalam, itu artinya peran santri di tengah masyarakat saat ini sangat di butuhkan sekali.

Arti dan peran santri seperti inilah yang sangat di harapkan oleh para petinggi bangsa, terlebih Indonesia merupakan mayoritas terbesar untuk umat Islam di seluruh dunia, dan terlebih pula sejak di deklarasikannya Hari Santri nasional pada 22 Oktober 2015 lalu, Sungguh peran santri yang sehat jiwa dan raga itu sangat berarti untuk bisa mengabdi pada Agama, Nusa bangsa sehingga tercipta sebuah negara yang gemah ripah atau baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

Sebagaimana makna yang tercipat pada peringatan HSN 2021 ini dengan mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga” denagn filosofi khusus yang terkandung di balik tema tersebut, Pengartiannya tema tersebut merupakan sebagai bentuk sikap dan pernyataan dari seorang santri yang siap mengorbankan jiwa dan raganya untuk Bangsa dan Negara, menajag keutuhan NKRI tentunya bisa menjadi kholifatul fil ardi yang kelak nantinya akan menjadi pemimpin dunia.

Ada yang menarik pada peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 ini, Dimana pada ada filosofi khusus yang terdapat pada logo HSN tersebut, Filosofi yang angat dalam jika di artikan dan sesuai dengan apa yang selalu di lakukan oleh seorang santri ketika menimba ilmu di PonPes dan lembaga Islam Lainnya, Dan berikut kelima simbol yang di maksud:

Logo Hari Santri Nasional 2021

1. Logo yang menggambarkan posisi sholat. Ini menunjukkan bahwa para santri selalu berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.
2. Posisi sujud. Sebagai ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu.
3. Simbol kebersamaan. Selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka.
4. Gambar yang menunjukkan simbol semangat. Dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.
5. Simbol berbagi. Berbagi sesama, dan berbagi untuk Indonesia.

Dan adanya sisi peerbedaan dari tema dan lgo HSN 2021 ini setidaknya bisa menjadi awal yang fresh, semanagt kian terbarukan untuk mencapai apa yang di cita-citakan baik untuk santri maupun untuk semua kalangan penduduk negeri, lewat hari santri nasional ini mari kita sama-sama menjaga keutuhan dan kedaulatan negeri demi tercapainya cita-cita ibu pertiwi.

Wallohu Alamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.