Sembilan Cara Basmalah Menurut Ilmu Nahwu dan Rahasia Yang Terdapat didalamnya

Sembilan Cara Basmalah Menurut Ilmu Nahwu dan Rahasia Yang Terdapat didalamnya

Almunawwar.or.id – Dalam beberapa penjelasan mengenai tata letak pembacaan sebuah kalimah itu tidak lepas dari beberapa kaidah, Salah satunya penataan pembacaan yang terdapat pada kalimah basmalah yang menurut ilmu nahwu itu setidaknya ada sembilan cara membaca basmalah.

Hal ini tentu tidak lepas dari ketentuan kaidah yang berjalan pada ilmu tersebut terhadap kajian lapadz-lapadz arab khususnya mengenai basmallah itu sendiri. Dan tentu pula tidak lepas dari adanya kajian penting dari ilmu nahwu terhadap sisi tarkiban kalimah itu.

Seperti salah satu di antaranya adalah penataan dan cara membaca basmalah yang ada pada kitab Awamilu I’rob, Dimana pada kitab ini di jelaskan tentang cara-cara membaca basmalah sesuai dengan kaidahnya.

Kitab Awamil : Berikut i’rob (cara baca) الرحمن الرحيم dalam Basmalah :
1. Dibaca الرحمنِ الرحيمِ (Al-rohmaaNI Al-RohiiMI)
– Al-rohmaaNi jadi sifat awal dari lafadz ALLAH ,dibaca jar ,tanda jar nya adalah kasroh
– Al-RohiiMi jadi sifat kedua dari lafadz ALLAH ,dibaca jar ,tanda jar nya adalah kasroh
Sifatnya sifat haqiqi,Adapun ta’rif sifat haqiqi adalah Merofa’kan pada pada dhomir man’ut yang disimpan,yang kembali pada maushuf ‘alaih yang di buang.
Taqdirnya اي هو ، هو يعود علي الله.

Sifat haqiqi harus mendapat empat syarat dari sepuluh syarat yang ditetapkan
1. boleh dibaca JAR, membuang ROFA’ dan NASAB (dapat 1 dari 3)
2. boleh IFROD, membuang TATSNIYAH dan JAMA’ (dapat 2 dari 6)
3. boleh TADZKIR, membuang TA`NITS (dapat 3 dari 8)
4. boleh TA’RIF, membuang TANKIR (dapat 4 dari 10)

2. Dibaca الرحمنَ الرحيمَ (Al-rohmaaNA Al-RohiiMA)
– Al-rohmaaNa jadi Maf’ul Muthlaq dari fi’il fa’il yang dibuang.
Taqdirnya : اي اعني الرحمنَ الرحيمَ
– Al-RohiiMa اي اعني الرحيمَ

3. Dibaca الرحمنُ الرحيمُ ( Al-rohmaaNU Al-RohiiMU )
-Al-rohmaaNu Al-RohiiMu ,jadi KHOBAR MUBTADA MAHDZUF
Taqdirnya : اي هو الرحمنُ الرحيمُ
اي huruf tafsir
هو Isim dhomir bariz munfashil La mahala laha fil i’rob,mabni fatah mahal rofa’ jadi mubtada.
الرحمنُ jadi KHOBAR dibaca rofa’ dan cirinya adalah dhomah
الرحيمُ jadi KHOBAR dibaca rofa’ dan cirinya adalah dhomah

Narkib Ala Santri bersumber dari kitab Hamisyi Matan Syarah Jurumiyah hal 4 dan 5 :

والرحمن الرحيم صفتان للفظ الجلالة ،فيهما تسعة اوجه من الاعراب وهي جرهما ونصبهما ورفعهما وجر الاول مع رفع الثاني ، او نصبه ورفع الاول مع نصب الثاني وبالعكس،فهذه سبعة اوجه واحد منها يجوز عربية ويتعين قراءة ,وستة تجوز عربية لا قراءة
وبقي اثنان ممتنعان وهما رفع الاول او نصبه مع جر الثاني،وانما امتنعا لان فيهما الاتباع بعد القطع. والاتباع بعد القطع رجوع الي الشيء بعد الانصراف عنه وهو ممنوع عند الاكثر.

Yang terkumpul dalam bait :

و جاز في الرحمن والرحيم *** تسعة أوجه لدى الفهيم
جرّهما نصبهما رفعهما *** فهذه ثلاثة فلتفهما
و الرابع الرحمن و الرحيم *** و الخامس العكس حوى الفهيم
و الجرّ في السادس قد أتى *** و نصبك الرحيم فافهم يا فتى
و الرفع في الرحيم سابع وفى *** و الجرّ في الرحمن أيضاً عرفا
و الرفع ثم الجرّ تاسع أتم *** أعداد أوجه فحصلها تُؤَم
و ثامن و تاسع قد ضَعُفَا *** و قول منع فيهما قد ضُعِّـفا

Keterangan
Ada Sembilan (9) macam bacaan dalam الرحمنِ الرحيمِ
1. Boleh dibaca dalam tatabahasa arab dan fardhu ain dalam qiro’at,
yaitu :
*** الرحمنِ الرحيمِ (al-rohmaaNI al-rohiiMI)
2. Boleh dibaca hanya dalam tatabahasa arab,namun tidak boleh dalam qiro’at,
yaitu :
*** الرحمن و الرحيم (al-rohmaaNA al-rohiiMA)
*** الرحمن و الرحيم (al-rohmaaNU al-rohiiMU)
*** الرحمن و الرحيم (al-rohmaaNI al-rohiiMU)
*** الرحمن و الرحيم (al-rohmaaNI al-rohiiMA)
*** الرحمن و الرحيم (al-rohmaaNU al-rohiiMA)
*** الرحمن و الرحيم (al-rohmaaNA al-rohiiMU)
3. Dua sisanya,adalah cara membaca yang tidak diperbolehkan dalam tatabahasa arab, apalagi dibaca dalam qiro`at.
Yaitu :
*** الرحمنِ الرحيمِ (al-rohmaaNU al-rohiiMI)
*** الرحمنِ الرحيمِ (al-rohmaaNA al-rohiiMI)
Alasan atau ‘Ilat nya adalah :

وانما امتنعا لان فيهما الاتباع بعد القطع. والاتباع بعد القطع رجوع الي الشيء بعد الانصراف عنه وهو ممنوع عند الاكثر

Di antara rahasia lapadz Basmalah

مامن عبد يقول بسم الله الرحمن الرحيم إلا أمر الله تعالى الكرام الكاتبين أن يكتبوا فى ديوانه أربعمائة حسنة

Tidaklah seorang yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah akan utus kepadanya seorang (malaikat pencatat) menuliskan 400 kebaikan untuknya. Jikalau sudah demikian, maka apa yang keluar dari seorang yang membaca bismillah tidak lain hanyalah berbagai kebaikan yang sekaligus menganulir berbagai tindak keburukan.

Bahkan dalam salah satu haditsnya dengan tegas Rasulullah saw berkata :

مامن عبد يقول بسم الله الرحمن الرحيم إلا ذاب الشيطان كما يذوب الرصاص على النار

Artinya : “Tidaklah seorang hamba membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali ia akan mematri setan-setan seperti halnya tenol yang terpatri oleh soldir.

Itulah beberapa alasan pentingnya mengucap bismillah. Sebagaimana Rasulullah saw menggambarkan posisi bismillah dalam rentetan keistimewaan yang lain, Rasulullah saw berkata :

“Allah menghiasi langit dengn bintang-gemintang, menghiasi malaikat dengan jibril, menghiasi surge dengan bidadari, menghiasi para nabi dengan Muhammad saw, menghiasi hari dengan Jum’at, menghiasi malam dengan laylatul qadar, menghiasi bulan dengan Ramadhan, menghiasi masjid dengan ka’bah, menghisi mushaf dengan al-Qur’an, dan menghiasi al-qur’an dengan bismillah”.

Demikianlah penjelasan mengenai cara pembacaan dan rahasia lapadz basmalah sesuai dengan apa yang di terangkan dalam kitab Awamilul I’rob.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
islam.nu.or.id
almunawwar.or.id