Semeru Erupsi, Berdoa dan Berikan Bantuan Ambil Hikmah Dari Kejadian Ini

Semeru Erupsi, Berdoa dan Berikan Bantuan Ambil Hikmah Dari Kejadian Ini

Almunawwawr.or.id – Segala sesuatu yang datang ke muka bumi ini tidak lepas dari qodho dan taqdirnya, Semua hal yang berkaitan dengan kehidupan ini itu semua merupakan kehendak dari Alloh S.W.T. Baik kenikmatan maupun hal yang bersifat musibah dan bencana alam yang menimpa kehidupan manusia bahkan tidak sedikit musibah tersebut bisa memporak porandakan semua element yang berada di sekitarnya.

Seperti letusan gunung merapi di beberapa wilayah Indonesia, Dimana kejadian ini memang sulit untuk di ketahui kapan hal itu bisa terjadi meskipun sudah menggunakan alat pendeteksi, Namun Ilmu Alloh S.W.T itu maha dahsyat tidak ada seorang pun yang bisa menandinginya, Maha tahu dan maha berkehendak dengan semua hal yang berhubungan dengan tatanan kehidupan di muka bumi ini agar manusia tidak lalai dan tahu akan hakikat dari tugasnya.

Datangnya bencana alam tentu tidak serta merta begitu saja, bisa jadi dengan beberapa faktor, dari mulai keserakahan penghuni bumi dalam memanfaatkan seumber daya alam tanpa adanya penyeimbangan guna bisa mentstabilkan ekosistem kehidupan di masa datang, Seperti yang sudah tersirat dalam ayat Al quran pada surat Arrum ayat 41 bahwasannya “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Sesungguhnya ini adalah pembelajaran diri untuk lebih berevaluasi tentang kelalaian dalam menjalankan perintahNya, tidak menghiraukan dan tidak pula mengindahkan apa yang sudah menjadi sebuah keharusan, Yang pada akhirnya semua terjadi di luar prediksi seperti berbagai rentetan kejadian di bumi pertiwi ini, Dan yang terbaru saat ini adalah letusan atau erupsinya salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu Semeru.

Pada awal bulan di akhir tahun 2021 ini kembali terjadi sebuah bencana alam yang menimpa bumi Nusantara meletusnya sebuah gunung tertinggi di pulau Jawa, Banyak korban jiwa akibat dari dampak erupsi gunung tersebut yang menjadi paku bumi ini, tidak hanya dari golongan Manusia saja, semua ekosistem yang berada di radius dekat dengan lokasi gunung tersebut semuanya punah.

Hal ini tentu harus menjadi sebuah pembelajaran diri tentang bagaimana kita menyikapi semua musibah terjadi, dari kelalaian dan lupa akan sebuah amanat dan kewajiban hingga membuat terlena dengan jaman dan kehidupan. Perencanaan manusia hanya sebatas kemampuan daya pikir saja, tidak ada yang mampu melebihi dari pada itu terkecuali hanya Alloh S.W.T semata yang selalu sayang pada setiap hambanya.

Tinggal bagaimana kita semua kembali membenahi semua tatanan dan pola kehidupan ini, Hanya bisa berbuat dan berharap semua hal yang datang itu bisa menjadi hikmah terbaik guna bisa memperbaiki segala sesuatu yang masih jauh dan keluar dari koridor Agama. Dan sebagai umat Islam tentunya musibah merupakan pertanda akan peringatan kepada umat manusia agar senatiasa tidak lupa tujuan hidup di dunia ini.

Sehingga tiada yang bisa mampu di perbuat dalam merealisasikan harapan tersebut kecuali berusaha dan berdoa, Dalam Islam semua hal itu memiliki do-a dan hikmah tertentu. Islam juga mengajarkan tentang bagaimana cara menyikapi jika musibah terjadi. Selain segala upaya di kerahkan untuk saling menolong juga tetap istiqomah dalam menjalankan perintah. terutama jika berkaitan dengan urursan umat Islam.

Sampai saat ini sudah banyak korban jiwa dari bencana erupsinya gunung semeru tersebut, akses jalan yang menghubungkan beberapa daerah dan kota yang melintasi kawasan area gunung itu juga putus, hewan-hewan ternak, tanaman para petani di sekitar pun ikut mati, Warga sekitar khususnya sangat terpukul dengan kejadian ini sehingga sudah berkewajiban bagi umat lainnya untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh korban erupsi gunung.

Salah satunya dengan memberikan bantuan logistik yang di butuhakn oleh para korban yang sudah di jalankan oleh semua element masyarakat dan pemerintah untuk bisa langsung menyentuh semua korban, bahkan juga dilakukan pencarian korban yang masih belum di ketemukan, sambil berharap dan berdoa semua bisa di selamatkan, atau setidaknya bisa di ketemukan keluarga yang merasa kehilanagn anggota keluarganya. Salah satu doa yang sangat di anjurkan jika musibah datang termasuk ketika sebuah gunung meletus seperti berikut ini.

Mohon Perlindungan dari Bahaya

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal hadmi wa a‘ûdzubika minat taraddî wa a‘ûdzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘ûdzubika an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal maut wa ‘aûdzubika an amûta fî sabîlika mudbiran wa a‘ûdzubika an amûta ladîghan Artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat. (HR Abu Daud)

بِسْمِ اللَّهِ الَّذي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأرْضِ وَلا في السَّماءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيم

Bismillâhil ladzî lâ yadlurru ma‘asmihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ-I wa huwas samî‘ul alîm

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu di bumi dan di langit tak dapat memberikan mudarat (bahaya). Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Pengetahui.

Doa bagi yang Tertimpa Musibah

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.

Dan pada akhirnya kita berharap agar senantias di berikan perlindungan dan keselamatan dari semua bentuk musibah dan bencana alam, Dan bagi para korban jiwa meletusnya gunung Semeru saat ini semoga di berikan ketabahan, ketawakalan dan kesabaran dalam keadaan seperti ini, Dan dapat di gantikan dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

Wallohu A’lamu Bishowaab.
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
nu.or.id
almunawwar.or.id