Yang diMaksud Dengan Ilmu Haal Sesuai Dengan Keterangan Kajian Sunnah

Yang diMaksud Dengan Ilmu Haal Sesuai Dengan Keterangan Kajian Sunnah

Almunawwar.or.id – Dalam kajian di berbagai kitab ataupun keterangan lainnya sering di dengar dengan istilah ilmu haal (ilmu tingkah), sehingga tidak sedikit dari sekian banyak orang yang ingin mengetahui dan mengerti betul apa yang di maksud dengan ilmu haal tersebut.

Sebagaimana yang banyak di kaji dan di bahas di lembaga-lembaga pendidikan islam khususnya di pondok pesantren, dimana ilmu hal yang merupakan salah satu landasan penting bagi setiap individu muslim khususnya bagi para pelajara dan asatidz untuk meraih kemuliaan dari adanya nilai akhlaq mulia dalam dirinya.

Sehingga sangat wajar apabila masih banyak orang yang bertanya-tanya apakah yang di maksud dengan ilmu haal tersebut? Apakah semua ilmu mencakup dan menjurus pada ilmu haal? Nah, berkut ini ulasan singkat mengenai maksud daripada ilmu hal sesuai dengan apa yang di perintahkan dalam sebuah hadits.

Dalam kitab ihyaa Ulumuddin karangan Imam Ghozali di sebutkan bahwa :

عن سيدنا أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : طلب العلم فريضة على كل مسلم. أخرجه ابن ماجه في سننه.
[علم الحال]

Artinya : “Baginda Rasulullah saw bersabda, “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seluruh orang islam, baik laki-laki maupun perempuan”. Menuntut ilmu adalah wajib.

Namun, perlu diketahui oleh setiap individu muslim bahwa tidak seluruh ilmu harus atau wajib dipelajari, Sebab manusia tidak akan sanggup untuk mempelajari seluruh ilmu. Manusia hanya sekedar memperolah setitik air di ujung jarum dibanding ilmu Allah yang bagaikan lautan.

Sebagaimana yang telah di terangkan pada ayat Alquran surat Al kahfi ayat 109 dengan redaksinya sebagai berikut :

قُلْ لَوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَنْ تَنْفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا

Artinya : “Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)”.

Perlu di garis bawahi bahwa yang diwajibkan bagi setiap orang Islam adalah ilmul hal. Yang dimaksud ilmul hal adalah ilmu tentang hal-hal yang berkaitan dengan sikap manusia pada kondisi pribadinya. Ilmu itu pada dasar berkaitan dengan perintah dan larangan yang berkaitan dengan kondisinya.

Selain perintah dan larangan, wajib pula mempelajari wasilah-wasilah untuk melaksanakan perintah daan menjauhi larangan. Tidak mungkin manusia melaksanakan perintah tanpa wasilahnya, yaitu tanpa cara, alat, metode dan hal-hal lain pendukungnya. Demikian pula menjauhi larangan, denga keterangan sebagai berikut :

اعلم أنه لا يفترض على كل مسلم طلب كل علم، وإنما يفترض عليه طلب علم الحال (1) أو علم فرض العين، فإنه يقال: أفضل العلم علم الحال، وأفضل العمل حفظ الحال.

Adapun dari segi perintah dan larangan itu terdapat tiga kategori yang mesti diketahui dan di perhatiakn secara seksama oleh setiap individu muslim di antaranya adalah

ويفترض على المسلم طلب علم الأمور التي تقع له في حاله، في أي حال كان. فإنه لا بد له من الصلاة فيفترض عليه أن يعلم ما يقع له في صلاته بالقدر الذي يؤدى به فرض الصلاة، لأن ما يتوسل به إلى إقامة الفرض يكون فرضاً، وكذلك الشأن في الصوم، والزكاة إن كان له مال، والحج إن وجب عليه، وكذلك البيوع إن كان يتعامل في التجارة بيعا وشراء.

1. Perintah dan larangan yang mengenai seluruh manusia, seperti perintah beriman dan larangan kafir atau musyrik.
2. Perintah dan larangan yang mengenai seluruh kaum muslimin, seperti shalat dan gerak-gerik hati.
3. Perintah dan larangan yang mengenai orang-orang yang berkecimpung saja di bidang itu, seperti ketentuan berdagang bagi pedagang, ketentuan bertani bagi seoramg petani, ketentuan ke-pejabatnegaraan bagi para pejabat negara.

Walhasil yang di maksud dengan ilmu hal adalah :

علم الحال: المقصود هي الأحوال والشئون التي لابد أن تعرض للإنسان في حياته، كالإيمان ومعرفة أحكام العبادات والمعاملات الضرورية، وطرق السعي إلى الرزق.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id