Yang Utama Dari Memendekkan Khutbah Dan Memanjangkan Shalat Jumat

Yang Utama Dari Memendekkan Khutbah Dan Memanjangkan Shalat Jumat

Almunawwar.or.id – Dalam melaksanakan sebuah amalan penting yang saling berpengaruh terhadap satu sama lain dari pada pengamalan ibadaha tersebut itu sangat memerlukan kebasahan dari adanya dalil yang menjelaskan dan menerangkan hal seperti itu.

Salah satu di antaranya adalah dua permasalahan antara shalat jum’at dan khutbahnya, Dimana orang sering sekali bertanya akan keafdholan dari segi pelaksanaannya, Apakah lebih baik memendekan khutbah dan memanjangkan shalat jum’at atau malah sebaliknya.

Meskipun jika sangat memungkinkan untuk bisa meraih kesempurnaan dari pada pelaksanaan dua amalan tersebut itu jauh lebih baik, akan tetapi jika memang harus memilih mana dan situasi mengarah ke hal tersebut itu tentunya perlu penjelasan yang lebih real lagi sesuai dengan kaidah yang berjalan.

Sehingga kepastian dalam melaksanakannya itu mampu menghantarkan kepada keyakinan dalam beribadah tentang sah dan tidak sahnya amalan tersebut. Karena ini sangatlah penting untuk lebih jauh dan lebih luas di jelaskannya sebagaimana yang sudah di terangkan dalam beberapa kitab fiqih.

Untuk lebih realnya lagi kita kembali pada sabda Rasululloh S.A.W yang terkutip dalam kitab Al Minhaj Syarah Shahih Muslim juz 3 halaman 249 :

قوله صلى الله عليه وسلم : (واقصر والخطبة) اللهمزة فى واقصر واهمرة وصل، وليس هذا الحديث مخالفا للأحاديث المشهورة فى الامر بتخفيف الصلاة لقوله فى الرواية الاخرى، وكان صلاته قصدا وخطبتة قصدا، كان المراد بالحديث الذي نحن فيه ان الصلاة تكون طويله بالنسبة الى الخطبة لاتطويلا يشق حينئذ قصد، اي معتدلة والخطبة قصد بالنسبة الى وضعها

Maksudnya : ” Dan sabda Nabi saw (Dan hendaklah pendekkan khutbah), maka hadist ini tidaklah bertentangan dengan hadist yang masyhur tentang perintah untuk meringankan shalat. Berdasarkan sabda beliau saw dlm riwayat yang lain (Shalat yang beliau lakukan adalah sederhana dan khutbah pun sederhana).

Hal itu di karenakan maksud dari hadits yang kita bicarakan adalah shalat tsb lebih panjang daripada khutbah. Panjang salat tidak sampai memberatkan para makmum tapi ia adalah sedang yaitu pertengahan. Dan khutbah yang dilakukan adalah sedang yaitu sesuai dengan kondisinya.

Sesungguhnya memendekkan khutbah merupakan tanda-tanda dalamnya ilmu fiqh seseorang karena orang yang faqih adalah orang yang mampu menelaah keseluruhan lafadz sehingga ia mampu menghasilkan perkataan dalam khutbahnya dengan lafadz yang ringkas, tapi mencakup yang banyak makna.

Intinya adalah ketika pelaksanaan khutbah sedang berlangsung itu khotib harus tahu betul makna dan tujuan dari pada khutbah tersebut yang mampu memberikan penjelasan yang kuat pada jama’ahnya di balik pelaksanaan khutbah yang singkat namun berfaidah.

Adapun bacaan apa saja yang di anjurkan untuk seorang khotib ketika masa jeda antara khutbah 1 dan khutbah 2 berlangsung itu sebagaimana yang di jelaskan dalam beberapa keterangan berikut ini.

وعبارتها : (وسئل) نفع الله به عما إذا جلس الخطيب بين الخطبتين ، هل يستحب له في جلوسه دعاء أو قراءة أو لا ؟ وهل تسن للحاضرين حينئذ أن يشتغلوا بقراءة أو دعاء أو صلاة علي النبي صلي الله عليه وآله وسلم برفع الصوت أو لا ؟ (فأجاب) بقوله : ذكر في العباب أنه يسن له قراءة سورة الإخلاص ، وقلت في شرحه : لم أر من تعرض لندبها بخصوصها فيه ويوجه بأن السنة قراءة شيئ من القرآن فيه كما يدل عليه رواية ابن حبان ” كان صلي الله عليه وآله وسلم يقرأ في جلوسه من كتاب الله ، وإذا ثبت أن السنة ذلك فهي أولي من غيرها لمزيد ثوابها وفضائلها وخصوصياتها ، قال القاضي والدعاء في هذه الجلسة مستجاب ، انتهت عبارة الشرح المذكور

Maksudnya : “Khothib disunnahkan baca suroh al-ikhlas, sedangkan bagi hadirin disunahkan untuk berdo’a. Untuk Khotib, menurut Syeikh Ahmad ibn Muzajad, sebagaimana yang dinukil oleh Imam Ibnu Hajar al Haitami dalam kitab “Al Fatawal Fiqhiyyah Al Kubro” maka sunnah membaca surat al Ikhlash. Adapun untuk Hadirin (Jama’ah) menurut Imam Ibnu Hajar, mengambil dari keterangan Al Qodli, bahwa berdoa diantara dua khutbah adalah mustajab, Sunnah berdo’a.

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaaat.

Sumber:
almunawwar.or.id
piss-ktb.com