Amalan Doa Terbebas Dari Segala Penyakit Termasuk Sesak Nafas Karena Covid 19

Amalan Doa Terbebas Dari Segala Penyakit Termasuk Sesak Nafas Karena Covid 19

Almunawwar.or.id – Kesehatan merupakan sebuah anugerah yang sangat istimewa dan luar biasa sebagai karunia dari Alloh S.W.T untuk semua hambanya. Karena dengan sehat semuanya bisa di kerjakan, keseimbangan dalam berpikir dan interaksi secara fisik bisa di realisasikan karena adanya sehat dalam jasmani dan rohani, Sehingga pantas saja ada peribahasa mengatakan bahwa sehat itu mahal.

Untuk itu menjaga kesehatan di semua kondisi adalah hal yang di anjurkan oleh Agama, Jaga sehat sebelum sakit. Itu artinya memelihara, menjaga diri dan jiwa dari sesuatu yang dapat memberikan menimbulkan sebuah penyakit itu adalah bentuk dari sebuah kesadaran yang luar biasa. Terlebih sekarang masa pandemi covid 19 dengan berbagai macam variannya sedang melanda di seluruh dunia.

Agama memerintahkan untuk berikhtiar dan berdoa kepada umatnya agar senantiasa terhindar dari segala bentuk penyakit. Islam mengajarkan ke setiap pemeluknya untuk selalu berdoa tidak hanay ketika datang wabah atau sakit namun di setiap senggang waktu berdoa adalah sebuah nilai ibadah yang begitu luar biasa. Berdoa juga merupakan senjata bagi setiap muslim. Dan salah satu doa agar senantias terbebas dari penyakit termasuk sesak nafas karena covid 19.

Dan salah satu tokoh Ulama NU Dalam hal ini Wakil Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Achmad Chalwani Nawawi, menyebut ayat Al-Qur’an yang dapat dijadikan ikhtiar untuk penyembuhan berbagai penyakit, termasuk sesak nafas karena terpapar Covid-19, yaitu firman Allah:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

Yā ayyuhan-nāsu qad jā`atkum mau’iẓatum mir rabbikum wa syifā`ul limā fiṣ-ṣudụri wa hudaw wa raḥmatul lil-mu`minīn.

Artinya: “Wahai manusia, sungguh telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS. Yunus: 51).

Segala sesuatu yang di ciptakan Alloh S.W.T itu ada hikmah dan manfaatnya sekalipun hal tersebut di nilai kurang bagi banyak manusia, termasuk dalam soal penyakit semua itu ada obatnya sebagaimana yang di terangkan ayat di atas tadi. Senada dengan sabda Rasulalloh S.A.W bahwa Doa merupakan senjata bagi seorang Mukmin. Sebagaimana hadits Rasulullah saw yang diriwayatkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra:

اَلدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّينِ وَنُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ (رواه أبو يعلى والحاكم وصححه)

Artinya: “Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya’la dan al-Hakim, dan ia menilainya sebagai hadits shahîh).

Berusaha sesuai dengan prosedur atau protokol yang di tetapkan oleh dinas kesehatan dan juga berdoa sebagai realitas wujud seorang manusia yang sangat membutuhkan lindungan dan karunia dari Alloh S.W.T. Lalu bagaimana kaifiat atau tata cara pelaksanaan doa yang di maksud.

Tata caranya seperti dijelaskan Kiai Chalwani, ayat di atas dibaca sehari 100 kali. “Bisa dicicil; bisa malam, bisa siang; bisa sambil jalan-jalan, bebas,” terang Mursyid Tarekat Qadiriyyah/ Naqsyabandiyyah Berjan, Purworejo. Ia mendapat ijazah doa itu dari al-‘Arif Billah al-Mursyīd wal Khalifah Thariqatisy Syadziliyyah KH Ahmad Abdul Haq Dalhar (1928-2010) atau yang lebih dikenal dengan Mbah Mad, Watuconogol, Muntilan, Magelang.

Sebagai tambahan, kitab Kifāyatul Awām mengisahkan Nabi Musa as ketika sakit gigi. Singkat cerita, ia berdoa mengadu kepada Allah swt. Kemudian Allah memberitahu rumput tertentu sebagai obatnya. Setelah meletakkan di atas giginya, ia diberi kesembuhan. Ketika sakit giginya kambuh lagi, ia langsung mencari dan menggunakan rumput yang sama itu, tanpa berdoa terlebih dulu. Bukannya sembuh, malah tambah sakit. Kemudian Nabi Musa as diingatkan bahwa yang memiliki kekuatan menyembuhkan adalah Allah swt. (Ahmad Naufa Khoirul Faizun)

Wallohu A’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
nu.or.id
almunawwar.or.id