Makna Terdalam Dari 17 Agustus Menurut KH Maimoen Zubair

Almunawwar.or.id – Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang di peringati pada setiap tanggal 17 Agustus oleh segenap lapisan bangsa memang mengandung makna tersendiri, Bukan hanya sebatas kebetulan saja, namun jika di hayati lebih dalam tersirat sebuah arti dan makna yang sangat berarti dan berpengaruh pada tatanan kehidupan semua rakyat Indonesia. Sesuai dengan angka yang terdapat pada setiap bulu yang ada pada burung garuda sebagai lambang negara Indonesia tercinta ini.

Lebih lanjut lagi seorang tokoh Ulama kharismatik sekaligus tokoh penting bagi bangsa indonesia terlebih bagi warga Nahdliyyah beliau adalah KH Maimoen Zubair, Dimana beliau memberikan sebuah makna angka dari tanggal 17 Agustus tersebut dengan salah satu kewajiban umat Islam sehari semalam yaitu sholat lima waktu. Jumlah rakaat sholat yang dikerjakan pada setiap sehari semalam tersebut jumlahnya adalah 17 Rakaat.

Dan hari proklamasi itu di peringati pada tanggal 17 Agusutus bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan. tentu sangat berarti dari segi pengartian jika di hayati secara seksama. Keagungan dan kemuliaan bulan suci ramadhan dapat di jadikan sebagai sebuah keberkahan yang mengalir pada setiap tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga mampu menjadi negara yang adil, makmur, sentosa sebuah balda thoyyibah Warobbun Ghofur. Amiin. Dan berikut pernyataan beliau di balik pemaknaan angka 17.

““Yang sudah kita ketahui bahwa ketika melaksanakan shalat itu satu hari satu malam terdapat 17 rakaat. Kemudian mulai dari Sumpah Pemuda sampai proklamasi yang jatuh pada 17 Agustus 1945 dan hari diturunkannya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dengan diperingati pada 17 Ramadhan. Oleh sebab itu, hubungan antara 17 rakaat dengan makna 17 Agustus dan 17 Ramadhan itu mempunyai keterkaitan yang sangat erat,” katanya.

Beliau adalah Ulama yang wafat di Makkah al-Mukarramah itu juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki mayoritas masyarakat muslim sampai Allah SWT memperingatkan kemerdekaan Indonesia dengan angka 17, 8 dan 45. Dalam hal ini, proklamasi yang dilaksanakan pada 17/08/45 memiliki arti dan makna yang luar biasa, karena pada angka 17 yang mempunyai arti sebagai jumlah rakaat shalat wajib yang dilakukan dalam satu hari. Kemudian pada angka 8 merupakan jumlah pintu surga yang berjumlah 8. Dan pada angka 45, bahwa setiap orang islam harus membaca syahadat dalam sholat wajib sebanyak 4 kali dan 5 kali.

“Satu-satunya negara yang menganut agama Islam terbanyak adalah Indonesia, sampai Allah SWT memperingatkan kemerdekaan Indonesia dengan angka 17-08-25. Terlebih lagi, masyarakat harus mengetahui momen yang bermakna dan luar biasa ini karena kita sebagai masyarakat Indonesia, khususnya sebagai umat islam apabila ingin pintu surga yang terdapat pada angka 8, maka kita diharuskan untuk menjalankan ibadah yang dilakukan dengan 17 rakaat dan 45 yang merupakan syahadat yang dilakukan dalam sholat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa harus ingat bahwa dengan ada perjuangan pahlawan dan semangat untuk terus memperjuangkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, peringatan 17 Agustus diharapkan masyarakat Indonesia harus mempunyai semangat untuk tetap menjalankan ibadah sebanyak minimal 17 rakaat.

“Semoga dibalik angka 17 Agustus ini kita dapat mengingat para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia untuk sampai pada negeri yang adil dan makmur dengan tetap berpedoman pada agama Islam dengan menjalan ibadah,” pungkasnya.

Wallohu A’lamu Bishowaab

Semoga Bermanfaat.

Sumber: nu.or.id