Perbedaan Lafadz Khalaqa Dan Ja’ala Menurut Kajian Nahwu

Perbedaan Lafadz Khalaqa Dan Ja'ala Menurut Kajian Nahwu

Almunawwar.or.id – Terkadang ada perbedaan dari tata letak lapadz yang memiliki arti harpiyah yang hampir sama, Seperti salah satunya adalah lapadz Kholaqo dan Ja’ala, Dua lapadz yang sering di temui dalam dalil alquran itu jika di telaah kembali itu memiliki makna yang hampir sama ada sedikit perbedaan dan tentunya titik bedanya tersebut memiliki hikmah dan tujuan tertentu.

Baik dari segi musytaq minhu atau asal dari kata tersebut maupun jika di lirik dari arti lapadznya yang sudah jadi itu terdapat hal dan pengertian yang senantiasa dapat di pahami khususnya bagi mereka kaum pelajar atau santri yang sedang menimba ilmu di sebuah lembaga pendidikan. Dengan tujuan agar tidak serta merta mengartikan sebuah dalil tanpa ada rujukan dan keterangan yang pasti dan jelas.

Karena ilmu nahwu dalam hal ini adalah literasi bahasa arab itu di ciptakan oleh para Ulama untuk kemanfaatan dan kemaslahatan umat khususnya mereka yang masih awam terhadap ilmu agama. Semua tatanan lapadz, tujuan dari sebuah kalimah di atur dengan ilmu nahwu dan shorof serta di perjelas dengan ilmu balaghoh, ma’ani, badi’. dan ilmu mantiq tujuannya agar sesuai dengan makna yang sesungguhnya.

Termasuk dari pemaknaan dari dua lapadz yang memiliki arti harfiyah yang hampir sama yaitu lapadz Ja’ala dan lapadz Kholaqo, Mari kita simak dan kaji kembali apa titik persamaan dan perbedaan dari kedua lapadz tersebut jika dilirik dari ilmu nahwu, seperti yang di jelaskan oleh salah satu Ustadz yang memuat penerangannya di situs piss-ktb.com sebagai salah satu sumbernya.

الفرق بين الخلق والجعْل :

الخلق : إيجاد شيء معدوم من شيء موجود ، (خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ (2)) الأنعام ، (هَذَا خَلْقُ اللَّهِ فَأَرُونِي مَاذَا خَلَقَ الَّذِينَ مِنْ دُونِهِ (11)) لقمان . (لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ «4») التين .

الجعل: هو خلقٌ لوظيفة الأشياء. الله خلق الأرض ووظيفتها أنه جعلها بساطاً ،(وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ بِسَاطًا «19») نوح، و(جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا (5)) يونس ، و(جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا (22)) البقرة، (وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ جُلُودِ الْأَنْعَامِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَى حِينٍ «80») النحل. فكلمة جعلّ تعني خلقاً ، ولكنْ خلق لوظائف المخلوقات، وحينئذٍ كل شيء خلقه لكي يكون وظيفة لمخلوق آخر هذا الجعل.

1. Kholaqo (Kholqon-mashdar) = menciptakan atau meng’ada’kan atau memunculkan sesuatu yang tak ada dari sesuatu yang telah ada , contoh dalam al-qur’an surat al-an’am

خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ Allah yang telah menciptakan kamu sekalian dari tanah.

Syai`in Ma’dum nya “kamu sekalian”, Syai`in Maujudnya adalah “Tanah”.
2. Ja’ala (ja’lan-Mashdar) adalah ciptaan untuk kemanfaatan atau faidah dari sesuatu. contoh dalam al-qur’an surat yunus :5 (Allah telah menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya..)

Keterangan lain bisa dilihat dan di tela’ah kembali seperti yang terdapat di bawah ini.

من أقوال المفسرين في قوله تعالى: {وَجَعَلَ الظلمات والنور}:

.قال الفخر:لفظ {جَعَلَ} يتعدى إلى مفعول واحد إذا كان بمعنى أحدث وأنشأ كقوله تعالى: {وَجَعَلَ الظلمات والنور} وإلى مفعولين إذا كان بمعنى صير كقوله: {وَجَعَلُواْ الملائكة الذين هُمْ عِبَادُ الرحمن إناثا} [الزخرف: 19] والفرق بين الخلق والجعل أن الخلق فيه معنى التقدير، وفي الجعل معنى التضمين والتصيير كإنشاء شيء من شيء، وتصيير شيء شيئًا، ومنه: قوله تعالى: {وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا} [الأعراف: 189] وقوله: {وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا} [الرعد: 38] وقوله: {أَجَعَلَ الألهة إلها واحدا} [ص: 5] وإنما حسن لفظ الجعل هاهنا لأن النور والظلمة لما تعاقبا صار كأنه كل واحد منهما إنما تولد من الآخر. اهـ.

Lafadz “ja’ala” menjadi fi’il muta’ad pada satu maf’ul jika berma’na lafadz “ahdatsa” atau “ansya`a”.dan butuh pada dua maf’ul jika bermakna “shoyaro”.
Dan perbedaan antara “KHOLQO” dan “JA’LU” , Bahwa dalam kholqo ada ma’na “TAQDIR” dan dalam Ja’lu ada makna Tadhmin (menyimpan) dan Tashyir (menjadikan/memunculkan).

Wallohu a’lamu Bishowaab
Semoga Bermanfaat.

Sumber:
piss-ktb.com
almunawwar.or.id